Puluhan Santri Annuqayah Aksi Tolak Sampah Plastik

0
Puluhan Santri Annuqayah Aksi Tolak Sampah Plastik
Puluhan Santri Annuqayah Aksi Tolak Sampah Plastik

PILIHANRAKYAT.ID – Aksi peduli lingkungan yang dlakukan oleh puluhan santri Pondok Pesantren Annuqayah Daerah Lubangsa Annuqaya kian masif.

Pasalnya, seluruh santri yang tergabung dalam Organisasi Daerah (Orda) melakukan demonstrasi guna menyuarakan “Tolak Sampah Plastik” dan “Siap Lakukan Aksi 3 M”.

Aksi turun jalan yang dimulai dari Masjid Jami’ menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) itu berlangsung tadi pagi, (25/11).

Ketua IV, Moh. Farid menuturkan bahwa, demonstrasi ini dilakukan sebagai tahapan lanjutan yang mesti dilalui oleh santri sebelum mereka menerapkan aksi 3 M (Menertibkan, Mengurangi dan Menghindari).

Aksi turun jalan itu diproyeksikan untuk membangkitkan kesadaran santri dalam menyikapi fenomena sampah plastik yang kian menumpuk, “kami mengedukasi santri atas bahaya dan bertambahnya sampah plastik,” tegasnya.

Baca juga  Mendagri Dan BP2MI Menjalin Kerjasama Kembali

Tidak hanya itu saja, Pengurus Penerangan dan Pembinaan Organisasi (P20), Haiburahman menegaskan, bahwa demonstrasi ini adalah serangkaian kegiatan dari aksi 3 M. Sebab pasca aksi ini, akan ada kegiatan lain demi mewujudkan pesantren yang berwawasan lingkungan.

“Kami hanya mengawal aksi demonstrasi kali ini, kita terjun langsung agar kita sadar dengan tumpukan sampah yang berjejeran di mana-mana,” jelasnya.

Selain itu, banyaknya sampah plastik yang menumpuk akan membahayakan masyarakat sekitar ketika dibakar. karena, titik lokasi pembuangan akhir sampah sudah tidak cukup untuk menampung semua sampah yang dikirim perhari itu.

Baca juga  USAID dan Pemerintah Temanggung Sepakati Pengelolaan Air Limbah

“TPA itu sudah tidak bisa lagi menyimpan sampah yang dibuat oleh kita. Maka bagaimana ke depan kita akan terus bersinergi dengan para santri agar mengurangi dan memberhentikan sampah plastik,” imbuhnya.

Ketua Organisasi Daerah Iksaj, Moh. Ikhwan sebagai salah satu demonstran menyatakan pihaknya akan terus memberikan suara terhadap aksi peduli lingkungan ini.

Tentu hal itu dimaksudkan agar santri dan masyarakat atau pengunjung dapat tersadar serta lebih memperhatikan bahaya sampah plastik, “kami akan terus menyuarakan ini sampai gerakan 3 M dapat berjalan dengan baik, jelas salah satu santri yang ikut demontstrasi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here