PILIHANRAKYAT.ID – Twitter adalah layanan jejaring sosial berbasis teks yang diluncurkan pada tahun 2006.
Pasalnya, Twitter diciptakan oleh Jack Dorsey, Biz Stone, dan Evan Williams, yang juga merupakan pendiri perusahaan blog platform, Blogger dan podcasting perusahaan, Odeo.
Twitter pertama kali diperkenalkan pada O’Reilly Emerging Technology Conference pada tahun 2007.
Awalnya, Twitter hanya digunakan oleh sekelompok orang dalam industri teknologi dan media. Namun, segera setelah itu, Twitter mulai menjadi populer di kalangan umum.
Pada tahun 2008, Twitter diluncurkan secara resmi untuk publik dan pada tahun 2009, Twitter menerima dana investasi dari perusahaan rintisan seperti Digital Sky Technologies dan Spark Capital.
Pada tahun 2010, Twitter mengumumkan bahwa mereka telah mencapai 100 juta pengguna aktif bulanan.
Pada tahun 2013, Twitter meluncurkan fitur baru seperti “Twitter Cards” dan “Vine”, yang memungkinkan pengguna untuk menyertakan media seperti video dan gambar dalam tweet mereka.
Pada tahun 2013 juga, Twitter melakukan IPO (Initial Public Offering) dan sahamnya diperdagangkan di pasar saham.
Selama bertahun-tahun, Twitter telah menjadi platform yang digunakan oleh banyak orang dari seluruh dunia untuk berbagi berita dan opini.
Selain itu juga, dapat digunakan untuk berinteraksi dengan orang-orang yang sama minatnya, dan mengejar karir profesional.
Itulah mengapa, Twitter juga digunakan oleh banyak perusahaan dan organisasi sebagai alat pemasaran dan komunikasi yang dianggap efektif.
Twitter saat ini menjadi salah satu layanan jejaring sosial terbesar di dunia, dengan lebih dari 330 juta pengguna aktif bulanan dan masih terus berkembang.
Cara Membuat Hashtag jadi Trending Topic di Twitter
Untuk membuat hashtag jadi trending topic di Twitter, berikut adalah beberapa saran:
1. Pahami aturan Twitter lebih dahulu
Faktanya, Twitter memiliki aturan tentang apa yang bisa dan tidak bisa Anda lakukan terkait tren.
Salah satunya adalah tidak diperbolehkan menambahkan topik lain ke tag trending jika tidak ada hubungannya dengan itu.
Misalnya, ketika tagar #Blackpink sedang tren, Anda sebenarnya menambahkan foto diri Anda sedang berswafoto.
Tentu saja, tidak ada yang bisa dilakukan, bukan? Ini akan dianggap sebagai spam dan dapat menyebabkan akun Twitter Anda ditangguhkan!
Selain itu, kita tidak diperbolehkan untuk me-retweet topik atau tagar yang sama berulang kali tanpa informasi baru, wawasan baru, atau perspektif baru.
“Menumpang” juga tidak diperbolehkan di tagar untuk tujuan pemasaran pribadi.
Misalnya, kaitkan tautan penjualan dengan tagar yang sedang tren.
2. Kenali follower dan ketahui minat mereka
Hal ini sering dilupakan oleh banyak orang ketika menggunakan Twitter. Sebelum Anda mulai men-tweet tagar, kenali dulu pengikut Anda dan minat mereka.
Sebagai saran, untuk memulai tren, berilah topik yang disukai audiens Anda.
Misalnya, jika audiens Anda menyukai konten berbau anak muda, maka Anda jangan berikan mereka tweet yang seirus, karena akan sulit untuk melibatkan mereka dengan tweet yang membahas tentang ekonomi global, misalnya.
Kemungkinan besar, mereka tidak akan peduli dan masuk ke dalamnya, untuk itu, perhatikan minat dan topik mereka.
Jika berhasil untuk mereka, kemungkinan besar mereka akan terlibat dan mengisi tweet kita sendiri.
3. Gunakan Hastag yang relefan
Pastikan hashtag yang Anda buat sesuai dengan topik yang sedang populer dan relevan dengan audiens Anda.
Hal ini penting agar hashtag Anda dapat ditemukan oleh orang yang benar-benar tertarik dengan topik tersebut dan lebih mudah untuk dikenali.
4. Promosikan hastag
Promosikan hashtag Anda di berbagai platform media sosial lainnya, seperti Facebook, Instagram, dan blog.
Hal ini akan membantu meningkatkan visibilitas hashtag Anda dan meningkatkan jumlah orang yang menggunakannya.
5. Gunakan hastag yang unik
Gunakan hashtag yang unik dan tidak terlalu panjang. Hashtag yang unik lebih mudah dikenali dan diingat oleh orang lain, sementara hashtag yang terlalu panjang dapat membuat orang merasa kesulitan untuk mengetiknya.
6. Ajak influencer
Ajak influencer atau public figure untuk ikut serta dalam promosi hashtag Anda.
Influencer atau public figure memiliki jumlah followers yang besar, sehingga dapat membantu meningkatkan visibilitas hashtag Anda.
7. Buat konten yang menarik
Buat konten yang menarik dan berkualitas yang terkait dengan hashtag Anda. Ini akan membuat orang lebih tertarik untuk menggunakan hashtag Anda dan berbagi konten Anda.
8. Ajak follower Anda
Ajak followers Anda untuk menggunakan dan berbagi hashtag Anda. Ini akan meningkatkan jumlah orang yang menggunakan hashtag Anda dan meningkatkan visibilitasnya.
9. Evaluasi
Jangan lupa untuk selalu memantau dan mengevaluasi hasil dari hashtag Anda, kususnya ketika hastag Anda dijalankan.
Ini akan membantu Anda mengetahui apakah hashtag Anda efektif atau tidak dan memungkinkan Anda untuk mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan hasilnya.
10. Mengadakan giveaway
Dalam konteks ini, Anda adalah brand yang diincar oleh tren hashtag, tidak ada salahnya membuat giveaway.
Sebagai imbalan atas gratisan tertentu, pengguna Twitter cukup me-retweet atau membalas tweet dengan tagar yang ingin mereka tingkatkan.
Merek dapat menyelenggarakan hadiah langsung di akun Twitter resmi mereka atau membayar selebritas untuk mendukung tweet tersebut.
Apapun pilihan yang diambil, keduanya sama-sama menguntungkan. Ini sepenuhnya legal!