Dilantik Jokowi, Dudung Abdurachman Resmi Emban KSAD Gantikan Andika Perkasa

- Advertisement -

PIlIHANRAKYAT.ID, Jakarta-Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) menggantikan Jenderal Andika Perkasa. Dengan jabatan ini, Dudung resmi naik pangkat menjadi jenderal bintang empat.

Pelantikan Dudung dilaksanakan di Istana Negara, Jakarta, Rabu (17/11/2021) dengan menerapkan protokol kesehatan ketat. Pelantikan ini berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 107/TNI Tahun 2021 tentang Pemberhentian dan Pengangkatan KSAD.

Kemudian Keppres Nomor 108 Tahun 2021 tentang Kenaikan Pangkat dalam Golongan Perwira Tinggi TNI.

Saat mengikuti prosesi pelantikan, Mantan Panglima Kostrad (Pangkostrad) itu nampak tenang. Presiden Jokowi kemudian mengambil sumpah jabatan atas Dudung di bawah Alquran.

“Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi dharma bakti saya kepada bangsa dan negara,” kata Jokowi yang diikuti pernyataan Dudung.

Baca juga  Susi Pudjiastuti Menebar Kisah Inspiratif Kepada Mahasiswa Lulusan Universitas Sampoerna

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengam sebaik baiknya dan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan setia menjunjung tinggi sumpah prajurit,” tambahnya lagi.

Usai membacakan sumpah jabatan, prosesi selanjutnya ialah penandatanganan berita acara pelantikan. Setelah itu Presiden Jokowi menyematkan pangkat Jenderal TNI bintang empat kepada Dudung. Acara ditutup dengan pemberian selamat kepada Dudung oleh para pejabat negara yang hadir.

Baca juga  Jokowi Meminta MA Membatalkan Kenaikan BPJS

Sebagai informasi, Dudung Abdurachman lahir di Bandung, Jawa Barat pada 16 November 1965. Ia merupakan lulusan Akademi Militer (Akmil) 1988 dan berpengalaman di bidang infanteri.

Kariernya dimulai sebagai Komandan Distrik Militer (Dandim) 0418 di Palembang. Dudung kemudian diangkat menjadi Asisten Personel (Aspers) Kepala Staf Daerah Militer (Kasdam) VII/Wirabuana pada 2010 hingga 2011.

Baca juga  Komitmen Jokowi dan Ilustrasi Lain Tentang Demokrasi

Sebelum menjabat sebagai Wagub Akmil periode 2015-2016, Dudung diangkat menjadi Komandan Resimen Induk Kodam (Danrindam) II/Sriwijaya.

Kariernya meningkat menjadi Wakil Asisten Teritorial (Waaster) Kepala Staf Angkatan Darat, setelah memegang jabatan sebagai Staf Khusus Kepala Staf Angkatan Darat selama setahun.

Dudung mendapat kehormatan dengan diangkat menjadi Gubernur Akmil pada 2018 hingga 2020. Setelahnya, ia diangkat menjadi Panglima Kodam Jaya pada 27 Juli 2020 oleh KSAD saat itu, Jenderal Andika Perkasa.

Jabatan inilah yang membuatnya menjadi sorotan media lantaran memerintahkan pencopotan baliho Habib Rizieq Shihab pada September tahun lalu. Kemudian pada 25 Mei 2021, Dudung dilantik sebagai Pangkostrad.

(RED/PR.ID)

- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Utama

Louncing Buku “100 Pesantren Ekonomi”, Menag Minta Pesantren Harus Berinovasi

PILIHANRAKYAT, Jakarta- Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil meminta pesantren untuk berinovasi agar bisa beradaptasi dalam era perkembangan teknologi seperti sekarang...

ASN Perlu Terampil Di Era Transformasi

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Pelayanan publik di era transformasi digital membutuhkan dukungan peran aparatur sipil negara (ASN) yang...

Dorong SPKLU Jawa Tengah; 2022 PLN Siap Bangun 6 SPKLU

PILIHANRAKYAT.ID, Jawa Tengah- Pemerintah tengah mendorong pertumbuhan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di seluruh Indonesia. Tercatat...

Baca Juga

JAPFA Gencarkan Pariwisata Danau Toba di Pameran Food & Hotel Indonesia 2019

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta – Meriahkan festival makanan minuman bertaraf internasional, JAPFA sebagai perusahaan penyedia protein hewani hadir di pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019...

Usai Musibah, Kota Palu Jadi Sasaran Revitalisasi Sentra IKM

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya melakukan revitalisasi sentra industri kecil dan...

Kereta Api Pangandaran Diluncurkan untuk Mendukung Pariwisata

PILIHANRAKYAT.ID, BANJAR - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum serta Direktur Utama KAI Edi Sukmoro meluncurkan PT KAI rute Kereta Pangandaran, relasi Banjar...

20 Besar Seyembara Buku Puisi HPI 2018

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Ketua Yayasan Hari Puisi (YHP) Maman S. Mahayana mewakili Dewan Juri yang lain hadir pada bincang-bincang Hari Puisi yakni Abdul Hadi...