HUT Ke-188, Pemkab Temanggung Melaunching Program Bulan Layanan Khusus

HPemkab Temanggung melaunching program bulan layanan khusus
Perayaan HUT ke-188
banner 468x60

PILIHANRAKYAT.ID, Temanggung-Dalam rangka HUT ke-188 Kabupaten Temanggung, Pemkab Temanggung melaunching program bulan layanan khusus perangkat daerah bagi masyarakat Kabupaten Temanggung yang digelar di halaman kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dindukcapil) Kabupaten Temanggung, Selasa (1/11/2022).

Program bulan layanan khusus perangkat daerah dilaksanakan selama 1 bulan di bulan November 2022. Masing-masing perangkat daerah akan memberikan layanan publik tertentu kepada masyarakat yang dapat dimanfaatkan oleh siapapun yang memerlukannya dan semua pelayanan yang diberikan gratis. Tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah memberikan berbagai layanan publik kepada masyarakat secara khusus dalam rangka menyemarakkan peringatan HUT ke-188 Kabupaten Temanggung, sekaligus meningkatkan kualitas pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat.

Dindukcapil Kabupaten Temanggung termasuk salah satu Perangkat Daerah yang ikut serta dalam pelaksanaan bulan layanan khusus tersebut. Dindukcapil memberikan program seperti desa/kelurahan sebagai front office Dindukcapil untuk memberikan pelayanan gratis yang akan difasilitasi dalam hal bimbingan teknis untuk petugas registrasi, pendampingan pelaporan dan pengiriman dokumen gratis. Selain itu, juga ada fasilitasi pengiriman gratis kepada semua pemohon administrasi kependudukan dan pelayanan jumat berkah Full Senyum dengan konsep pelayanan yang santai, penuh senyum dengan hiburan disertai minuman kopi khas Temanggung.

Kepala Dindukcapil, Bagus Panuntun mengatakan, bahwa terdapat enam area perubahan di road map birokrasi, salah satunya ada peningkatan kualitas layanan publik. Peningkatan kualitas layanan publik ada dua indikator, yaitu tentang kualitas layanannya dan wilayahnya menjadi zona yang baik atau tidak ada korupsi dengan core bisnis para ASN yang Berakhlak dan Dindukcapil sudah mencapainya.

“Maka dengan bulan layanan khusus ini harus dijadikan tolak ukur OPD untuk dengan segala kekuarangannya itu harus ada terobosan seperti capil itu tadi ada 6 trobosan. Tambah jam pelayanan, pelayanan jemput bola, ada pelayanan khusus, setelah itu kita ada penuntasan disebuah desa. Dengan demikian kita akan memberikan target yang maksimal tentunya masyarakat bisa dilayani sebaik-baiknya”, unggkap Bagus.

Ada juga terobosan Dindukcapil seperti jumat penuh berkah yang akan menjadi indikator kepuasan masyarakat. Bagus juga mengatakan akan ada survey kepuasan bagi masyarakat yang akan menjadi bahan pijakan untuk merumuskan kebijakan. Program jemput bola dari Dindukcapil akan dilaksanakan di desa Kalibanger Kecamatan Gemawang pada hari rabu (2/11/2022) dengan pelayanan sehari jadi langsung di lokasi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *