Kenapa Komnas Ham Baru Sekarang Akan Menyelesaikan Kasus Pelanggaran Ham di Indonesia?

- Advertisement -

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta-Kasus Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia masih belum ada yang bisa mengatasinya, termasuk pemerintah sendiri. Padahal, Ham Itu adalah awal dari kesejahteraan masyarakat. Dan baru sekarang Komnasham Akan membahas penyelesai Ham yang ada di Indonesia dan bertemu dengan Mahfud Md.

Sebelumnya, Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) menyambangi Menko Polhukam Mahfud Md. Dalam pertemuan tersebut, Komnas HAM menyampaikan pihaknya sepakat untuk menyelesaikan kasus-kasus pelanggaran HAM bersama semua pihak terkait.

“Sebetulnya memperkuat komunikasi, (pertemuan) kan sudah berapa kali ketemu untuk membahas bagaimana solusi penyelesaian pelanggaran HAM yang berat, baik melalui jalur yudisial maupun non yudisial. Jadi tadi itu kita mengklarifikasi berapa hal yang mungkin sempat muncul di media ya, misalnya ada pernyataan dari Pak Jaksa Agung, diklarifikasi bahwa sebetulnya kita semua sepakat untuk duduk bersama-sama tanpa mesti menciptakan kehebohan di ruang publik supaya jalan penyelesaian baik yudisial maupun non yudisial itu bisa didapatkan,” kata Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, di Kemenko Polhukam, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (24/1/2020).

Baca juga  Ra Muzayyan Sosok Yang Tidak Ruwet

Taufan mengatakan penyelesaian kasus tersebut tidak mudah karena diperlukan keseriusan dan kejelian. Untuk itu dia berharap ada komunikasi yang baik dengan semua pihak di bawah arahan Mahfud.

“Tapi memang tidak gampang ya karena melibatkan banyak pihak juga dan membutuhkan satu keseriusan, kejelian. Jadi komunikasi dengan berbagai pihak itu kita harapkan semakin diperkuat di bawah koordinasi dari Pak Menko,” ujarnya.

Taufik juga menjelaskan Komnas HAM sudah menyelesaikan kasus tersebut sampai tahap penyelidikan. Jika nantinya ada bahan bukti baru, dia mempersilakan pihak Kejaksaan untuk meneruskan.

Baca juga  Ridwan Saidi; Raden Fatah Orang Yahudi

“Kita sudah perjelas tadi dengan Pak Menko, bahwa ranah Komnas HAM itu sudah pada tahap penyelidikan yang sudah dilakukan. Kalau ada hal yang masih, katakan lah, bahan bukti dan macam-macamnya itu, kita persilakan Pak Jaksa Agung untuk meneruskan dan tidak perlu mempolitikkan itu di media lagi,” jelasnya.

Baca juga  Pimpinan MPR Harus Akur, Prabowo; Memberikan Masukan Terhadap MPR Yang Baru

“Tapi tadi sudah ada klarifikasi bahwa itu mungkin ya biasalah dalam suatu dinamika tertentu kadang-kadang ada sedikit perbedaan-perbedaan pendapat. Tapi secara substansial semua sepakat untuk terus mencari solusi,” sambungnya.

Sebelumnya, dalam rapat bersama Komisi III DPR, Jaksa Agung ST Burhanuddin membacakan progres penanganan kasus dugaan pelanggaran HAM berat. Jaksa Agung menyebut DPR telah memutuskan peristiwa Semanggi I dan Semanggi II bukanlah pelanggaran HAM berat.

“Peristiwa Semanggi I-II, telah ada hasil rapat paripurna DPR RI yang menyatakan bahwa peristiwa tersebut bukan merupakan pelanggaran HAM berat,” kata Jaksa Agung di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/1).

Secepatnya, kasus Ham yang ada di Indonesia ini cepat terrealisasikan oleh pemerintah. Salah satu yang sangat nampak dalam pelanggaran kasus Ham adalah urusan Agraria, Pembagunan-pembagunan, dan urusan lahan maupun tanah.

(Rifa’i/PR.ID)

- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Utama

Bocil Top Up Voucher Game Online 800 RB; KPAI Serukan Lindungi Anak Dari Pengaruh Game Online

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta-Di media sosial (medsos) viral video diduga orang tua sedang memarahi kasir minimarket Indomaret karena anaknya...

Serangan Hamas Tewaskan 2 Warga Israel; PM Israel Murka

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta-Saling serang antara Israel dan kelompok Hamas di Gaza kian intens. Gempuran roket yang ditembakkan Hamas...

Kaukus Muda PPP: Penyerangan di Masjid Al Aqsha adalah Bentuk Kekejaman Negara Apartheid Israel

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta-Wakil Koordinator Nasional Kaukus Muda PPP Aas Subarkah mengutuk keras aksi pengusiran paksa warga Palestina di...

Baca Juga

JAPFA Gencarkan Pariwisata Danau Toba di Pameran Food & Hotel Indonesia 2019

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta – Meriahkan festival makanan minuman bertaraf internasional, JAPFA sebagai perusahaan penyedia protein hewani hadir di pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019...

Usai Musibah, Kota Palu Jadi Sasaran Revitalisasi Sentra IKM

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya melakukan revitalisasi sentra industri kecil dan...

Kereta Api Pangandaran Diluncurkan untuk Mendukung Pariwisata

PILIHANRAKYAT.ID, BANJAR - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum serta Direktur Utama KAI Edi Sukmoro meluncurkan PT KAI rute Kereta Pangandaran, relasi Banjar...

20 Besar Seyembara Buku Puisi HPI 2018

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Ketua Yayasan Hari Puisi (YHP) Maman S. Mahayana mewakili Dewan Juri yang lain hadir pada bincang-bincang Hari Puisi yakni Abdul Hadi...