Ma’ruf Amin; kampus Harus Menangkal Radikalisme

- Advertisement -

PILIHANRAKYAT.ID, Ciligon-Radikalimes semakin eksis pada bangsa Indonesia. Oleh sebab itu lah, kenapa Wapres Ma’ruf Amin mengharap Terhadap Universitas-universitas untuk menjadi pondasi dasar dalam mengatasi urusan radikalisme.

Wapres Ma’ruf Amin mengatakan bahwa, perguruan tinggi atau kampus harus menjadi lembaga yang menjaga stabilitas dan kondisi negatif, termasuk penangkalan radikalisme yang mengancam kehidupan bernegara dan beragama. Hal itu yang menjadi PR bersama bagi kita.

“Selain katalisator SDM unggul, kampus harus berperan sebagai stabilitator meredam kondisi negatif yang menciptakan instabilitas seperti penangkalan radikalisme karena radikalisme akar terorisme,” kata Ma’ruf Amin saat menghadiri wisuda Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten di Cilegon, Sabtu (14/12/2019).

Seperti yang kita ketahui bahwa, Radikalisme dengan dalih agama, supremasi etnis yang menciptakan separatisme dinilai mencoreng kehidupan bernegara dan beragama. Saat ini, radikalisme atas nama agama sering dijadikan justifikasi terhadap tindakan kekerasan.

Baca juga  250 Juta Harga Jabatan di Kudus

“Kita harus mengakui Islam sebagai agama yang memberi rahmat digunakan oleh pihak yang tak bertanggung jawab dengan cara kekerasan,” ujarnya.

Ma’ruf menjelaskan bahwa radikalisme adalah cara berpikir. Upaya penangkalan transfer berpikir ini harus dengan imunisasi ke masyarakat agar tidak mudah termasuki paham ini dengan dalih agama. Imunisasi ini dengan cara pemberian pemahaman toleran dan menerima perbedaan.

Baca juga  Baterai Kendaraan Listrik Jadi Momok Berbahaya

“Saya berkeyakinan menangkal radikalisme harus dimulai dari pendidikan. Pendidikan Islam penting menangkal radikalisme, harus menyampaikan Islam merupakan agama cinta damai, mengajarkan menyayangi,” katanya.

Kampus juga harus lebih berani bersikap jika ada upaya atau pemahaman kebencian pada pemerintah dan negara. Ia meminta kampus menyampaikan narasi kerukunan, nasionalisme, patriotisme, dan bela negara.

Baca juga  Kemendagri Mengapresiasi Polpum Soedarmo

Tak hanya itu, Mantan Roiz Aam itu juga menjelaskan terkait Agen Perubahan. Dalam kesempatan itu, Ma’ruf meminta para wisudawan dari UIN Sultan Maulana Hasanuddin (SMH) Banten menjadi agen perubahan. Mereka diminta berinovasi di tengah masyarakat begitu keluar dari lembaga pendidikan tinggi atau kampus.

Ma’ruf mengatakan kesempatan menempuh jenjang pendidikan tinggi sangat terbatas di Indonesia. Dari 126,57 juta penduduk yang bekerja, hanya 12,27 atau hanya 9,7 persen merupakan lulusan universitas. Lulusan kampus, harus bisa berkontribusi di tengah masyarakat.

“Sebagai insan cendekia yang menikmati pendidikan tinggi, agar menjadi agen perubahan dan berkontribusi nyata bagi pembangunan bangsa dan negara. Pastinya Anda harus melakukan perubahan dan inovasi” kata Ma’ruf. (Rifa’i/PR.ID)

- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Utama

Bocil Top Up Voucher Game Online 800 RB; KPAI Serukan Lindungi Anak Dari Pengaruh Game Online

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta-Di media sosial (medsos) viral video diduga orang tua sedang memarahi kasir minimarket Indomaret karena anaknya...

Serangan Hamas Tewaskan 2 Warga Israel; PM Israel Murka

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta-Saling serang antara Israel dan kelompok Hamas di Gaza kian intens. Gempuran roket yang ditembakkan Hamas...

Kaukus Muda PPP: Penyerangan di Masjid Al Aqsha adalah Bentuk Kekejaman Negara Apartheid Israel

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta-Wakil Koordinator Nasional Kaukus Muda PPP Aas Subarkah mengutuk keras aksi pengusiran paksa warga Palestina di...

Baca Juga

JAPFA Gencarkan Pariwisata Danau Toba di Pameran Food & Hotel Indonesia 2019

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta – Meriahkan festival makanan minuman bertaraf internasional, JAPFA sebagai perusahaan penyedia protein hewani hadir di pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019...

Usai Musibah, Kota Palu Jadi Sasaran Revitalisasi Sentra IKM

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya melakukan revitalisasi sentra industri kecil dan...

Kereta Api Pangandaran Diluncurkan untuk Mendukung Pariwisata

PILIHANRAKYAT.ID, BANJAR - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum serta Direktur Utama KAI Edi Sukmoro meluncurkan PT KAI rute Kereta Pangandaran, relasi Banjar...

20 Besar Seyembara Buku Puisi HPI 2018

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Ketua Yayasan Hari Puisi (YHP) Maman S. Mahayana mewakili Dewan Juri yang lain hadir pada bincang-bincang Hari Puisi yakni Abdul Hadi...