Merayakan Sumpah Pemuda dengan Nonton 5 Film Perjuangan Ini, Dijamin Berkobar Deh!

- Advertisement -

PILIHANRAKYAT.ID, Jogja – 91 tahun sudah Indonesia merayakan Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober. Sumpah Pemuda menjadi momen untuk membangkitkan rasa cinta Tanah Air, dalam jiwa pemuda atas nama persatuan.

Beberapa cara untuk menghormati jasa para pahlawan, beberapa penghargaan untuk para veteran yang masih hidup juga dilakukan di beberapa daerah di Indonesia.

Bagi kita yang tergolong mager-an (pemalas), salah satu cara sederhana untuk merayakan hari Sumpah Pemuda bisa dilakukan dengan menonton film.

Berikut rekomendasi film perjuangan anak muda Indonesia, yang dirangkum dalam 5 film anak muda.

5. Gie

Film Gie dirilis pada 2005 yang digarap oleh sutradara Riri Riza.

Film ini dipernakan oleh Nicholas Saputra, Wulan Guritno, dan Jonathan Mulia.

Gie mengisahkan tentang seorang Soe Hok Gie, mahasiswa Universitas Indonesia yang dikenal sebagai demonstran dan pecinta alam.

Film ini menggambarkan petualangan Soe Hok Gie mencapai tujuannya untuk menggulingkan rezim, serta perubahan-perubahan dalam hidupnya setelah tujuan tersebut tercapai.

4. 3 Srikandi

3 Srikandi adalah sebuah film biopik Indonesia 2016 yang disutradarai oleh Iman Brotoseno.

Baca juga  12,76 KM untuk Jalan Pintas Bali

Film ini berkisah tentang tiga atlet panahan asal Indonesia yang berhasil meraih medali pertama di ajang Olimpiade.

Dalam cerita film ini ada 3 atlet wanita terbaik, Nurfitriyana (Bunga Citra Lestari), Lilies (Chelsea Islan) dan Kusuma (Tara Basro).

Selain ditempa dalam beragam latihan fisik, ketiganya juga memiliki tantangan masing-masing perihal kehidupan, terutama dalam hal perjuangan menuju Olimpiade.

Itulah sebabnya kenapa film ini cocok disaksikan dihari Sumpah Pemuda.

Baca juga  12,76 KM untuk Jalan Pintas Bali

3. Sokola Rimba

Sokola Rimba adalah film drama Indonesia yang dirilis pada 21 November 2013. Film ini dibintangi oleh Prisia Nasution dan Nyungsang Bungo.

Film ini bercerita tentang Butet Manurun, perempuan yang memutuskan untuk mengajarkan baca, tulis dan menghitung kepada anak-anak Orang Rimba yang tinggal di hulu sungai Makekal di hutan bukit Duabelas, Jambi.

Sayangnya, kelompok masyarakat suku anak dalam itu sebagian besar masih sangat percaya bahwa belajar baca tulis bisa membawa malapetaka bagi mereka. Menarik, Bukan!.

2. Rudy Habibie

Rudy Habibie dikenal pula sebagai Habibie & Ainun yang merupakan film drama biopik Indonesia tahun 2016 yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo. Film ini sebenarnya prekuel dari Habibie & Ainun yang diangkat dari novel semi-biografi Rudy: Kisah Masa Muda Sang Visioner karya Gina S. Noer.

Baca juga  Peace Train Indonesia Kunjungi Ponpes Kebon Jambu

Film yang dibintangi oleh Reza Rahardian dan Chelsea Islan ini menceritakan banyak tentang BJ Habibie yang tak banyak diketahui orang.

Terlebih lagi, film ini memiliki bagian yang begitu mengesankan dari perjuangan Habibie dalam menjaga cita-cita, hal yang biasanya sulit dilakukan oleh generasi muda.

Perjuangan Habibie dalam film ini patut direnungkan, khusunya di hari Sumpah Pemuda kali ini.

Dan semoga Alm. Rudi Habibi juga mendapat tempat yang istimewa di sisiNya.

1. Susi Susanti Love All

Film Susi Susanti Love All telah mengawali debutnya di layar lebar pada Kamis 25 Oktober 2019. Ternyata, pemilihan tanggal perilisan ini agar berdekatan dengan Hari Sumpah Pemuda yang diperingati 28 Oktober.

Kedua bintang dalam film ini, Laura Basuki dan Dion Wiyoko sangat setuju jika film ini dirilis berdekatan dengan Sumpah Pemuda. Pasalnya, Susi Susanti Love All siap menebar semangat untuk para pemuda-pemudi Indonesia.

Baca juga  Kenapa Komnas Ham Baru Sekarang Akan Menyelesaikan Kasus Pelanggaran Ham di Indonesia?

Dion Wiyoko sangat yakin bahwa Susi Susanti Love All sangat relevan dengan peringatan Hari Sumpah Pemuda.

Perjuangan Susi Susanti yang melegenda, serta perjalanannya yang sangat panjang bisa menginspirasi generasi muda saat ini.

Selamat menyaksikan dan selamat Hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019.(Nolhe/PR.ID)

- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Utama

Pratikno, Resmi Ganti Nama Tol Jakarta Cikampek II Menjadi MBZ

PILIHANRAKYAT.ID. Jakarta-Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) resmi berganti nama menjadi jalan tol layang Mohamed Bin Zayed, pada...

PSTI DIY Gelar Rakerda, LTAD Jadi Fokus Garapan

PILIHANRAKYAT.ID, Jogja – Pengurus Daerah Persatuan Sepaktakraw Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2021- 2025 terus bergerak. Setelah...

Baca Juga

JAPFA Gencarkan Pariwisata Danau Toba di Pameran Food & Hotel Indonesia 2019

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta – Meriahkan festival makanan minuman bertaraf internasional, JAPFA sebagai perusahaan penyedia protein hewani hadir di pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019...

Usai Musibah, Kota Palu Jadi Sasaran Revitalisasi Sentra IKM

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya melakukan revitalisasi sentra industri kecil dan...

Kereta Api Pangandaran Diluncurkan untuk Mendukung Pariwisata

PILIHANRAKYAT.ID, BANJAR - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum serta Direktur Utama KAI Edi Sukmoro meluncurkan PT KAI rute Kereta Pangandaran, relasi Banjar...

250 Juta Harga Jabatan di Kudus

PILIHANRAKYAT.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sebelumnya telah menangkap Bupati Kudus, Muhammad Tamzil terkait kasus “jual-beli Jabatan” terus menelusuri dan memeriksa sekda dan...