MUI Jatim Tak Ucapkan Selamat Natal, Bagini Sikap PWNU

- Advertisement -

PILIHANRAKYAT.ID, Surabaya-MUI Jatim mengimbau kepada umat Muslim agar tak mengucapkan selamat Natal karena bertentangan dengan akidah Islam. Terkait pernyataan tersebut, PWNU Jatim merespon bahwa setiap ulama memiliki pandangan berbeda.

Wakil Rais Syuriah PWNU Jatim KH Abdul Matin Djawahir menyebut perdebatan tentang boleh tidaknya mengucapkan selamat natal memang tak pernah usai.

“Saat ini diramaikan tentang bagaimana menyampaikan selamat natal dan lain-lain. Sejak dulu tidak ada selesainya. Ini terdapat perbedaan antar ulama. Ada yang tidak boleh. Ada yang mengatakan boleh,” kata Matin di Sekretariat PWNU Jatim Jalan Masjid Al Akbar Surabaya, Selasa (24/12/2019).

Matin pun menyarankan hal ini tak usah dipertentangkan. Menurutnya, Allah SWT juga tak melarang setiap orang berbuat baik kepada orang-orang yang tak memusuhi Islam. Hal ini sebagaimana yang telah diucapkan Nabi Muhammad SAW.

Baca juga  Rebecca Harkins-Cross Termotivasi dari Informasi oleh Iman Budi Santosa

Selain itu, Matin juga menilai bupati, gubernur hingga wakil presiden dan presiden sekalipun boleh-boleh saja mengucapkan selamat natal demi menjaga ukhuwah dan persaudaraan sesama umat.

“Demi menjaga ukhuwah, tidak perlu dipertentangkan. Tidak boleh ya terserah, kalau yang perlu bupati, gubernur silakan. Bukan berarti merusak iman kita. Akan tetapi Allah tidak melarang berbuat baik kepada orang yang tidak memusuhi Islam,” ungkap Matin.

“Rasul bersabda barang siapa menyakiti orang Islam maka sungguh menyakiti saya (rasul). Bagi siapa yg menyakiti saya (rasul) maka menyakiti Allah. Barang siapa yang menyakiti non islam yang tidak menyakiti Islam maka saya (rasul) musuhnya. Besok saya (rasul) musuhi di hari kiamat,” imbuhnya.

Baca juga  Sedih! Akhirnya Jokowi Juga Terkena Kemacetan di Jakarta, Benarkah Itu?

Tak hanya itu, Matin juga menilai negara ini harus menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan. Perbedaan pendapat Ini merupakan yang wajar.

Baca juga  Ahirnya! MUI Setuju Ahok Menjadi Bos BUMN, Ini kata Anwar Abbas

“Persatuan dan kesatuan lebih diutamakan selama tidak menyentuh kerusakan akidah kita. Kalau ada pendapat perbedaan ya silakan. Tidak harus sama. Demi utuh Islam dan NKRI,” lanjutnya.

Selain itu, Matin memberi keterangan bahwa PWNU Jatim menyikapi ucapan natal ini yakni secara khilafiyah. Matin juga mengatakan banser juga diperbolehkan membantu mengamankan gereja-gereja.

“Sikap PWNU Jatim, bahwa intinya mengucapkan selamat natal kepada non muslim itu khilafiyah. Ada boleh ada yang tidak. Yang boleh berkeyaninan boleh silakan. Bagi yang tidak ya tidak. Kalau tidak punya kepentingan apa apa ya diam saja. Banser boleh jaga gereja. Tapi tidak ada instruksi. Kalau ada permintaan pemerintah ya silakan. Tidak ada larangan,” pungkasnya. (Noeris/PR.ID)

- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Utama

Bocil Top Up Voucher Game Online 800 RB; KPAI Serukan Lindungi Anak Dari Pengaruh Game Online

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta-Di media sosial (medsos) viral video diduga orang tua sedang memarahi kasir minimarket Indomaret karena anaknya...

Serangan Hamas Tewaskan 2 Warga Israel; PM Israel Murka

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta-Saling serang antara Israel dan kelompok Hamas di Gaza kian intens. Gempuran roket yang ditembakkan Hamas...

Kaukus Muda PPP: Penyerangan di Masjid Al Aqsha adalah Bentuk Kekejaman Negara Apartheid Israel

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta-Wakil Koordinator Nasional Kaukus Muda PPP Aas Subarkah mengutuk keras aksi pengusiran paksa warga Palestina di...

Baca Juga

JAPFA Gencarkan Pariwisata Danau Toba di Pameran Food & Hotel Indonesia 2019

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta – Meriahkan festival makanan minuman bertaraf internasional, JAPFA sebagai perusahaan penyedia protein hewani hadir di pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019...

Usai Musibah, Kota Palu Jadi Sasaran Revitalisasi Sentra IKM

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya melakukan revitalisasi sentra industri kecil dan...

Kereta Api Pangandaran Diluncurkan untuk Mendukung Pariwisata

PILIHANRAKYAT.ID, BANJAR - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum serta Direktur Utama KAI Edi Sukmoro meluncurkan PT KAI rute Kereta Pangandaran, relasi Banjar...

20 Besar Seyembara Buku Puisi HPI 2018

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Ketua Yayasan Hari Puisi (YHP) Maman S. Mahayana mewakili Dewan Juri yang lain hadir pada bincang-bincang Hari Puisi yakni Abdul Hadi...