Pemuda Desa Bragung Sumenep Temui Kepala Desa: Tanyakan Realisasi BUMDES Dan Antisipasi Kenakalan Remaja

- Advertisement -

PILIHANRAKYAT.ID, Sumenep-Pemuda yang tergolong dalam Solidaritas Pemuda Desa Bragung (SP2D) temui Latifah, Kepala Desa Bragung Kecamatan Guluk-Guluk Kabupaten Sumenep, di rumahnya. Hal itu dibenarkan oleh Shohebul Umam selaku Kordinator audiensi, Kamis (25/02/2021) kepada awak media.

Menurut Shohebul Umam, selaku kordinator audiensi SP2D, kelompok pemuda ini digabungkan oleh kepentingan visi yang sama, yakni untuk melihat desa lebih maju. Hal itu sejalan pula dengan tujuan berdirinya Organisasi ini. Yaitu tekad anak muda desa Bragung untuk berdedikasi kepada desa sebagai upaya mendorong desa Bragung yang progresif, berdaya dan berintegritas.

Disinggung mengenai tujuan diadakannya audiensi, Shohebul Umam menjelaskan “SP2D yang diisi oleh pemuda Bragung, melakukan audiensi kepada kepala desa, tidak didasari oleh kepentingan politik sektoral, apalagi berniat untuk cawe-cawe dengan pemerintah desa. Gerakan ini murni sebagai gerakan pemuda yang sadar dan peduli terhadap desa,” terangnya.

Dalam audiensi ini, SP2D menyuarakan setidaknya tiga hal penting yang dapat dievaluasi oleh pemerintah desa Bragung. Pertama terkait dengan program-program desa, SP2D menuntut pemerintah desa untuk tidak abai dengan situasi sosial Bragung yang rentan dengan penyalahgunaan obat-obatan terlarang. Oleh karena itu, SP2D mendorong agar pemerintah desa dapat melakukan tindakan preventif dan rehabilitatif terkait dengan penyalahgunaan obat-obatan terlarang.

Baca juga  Kasus Penyiraman Air Keras, Jokowi Dinilai Tidak Serius Menanganinya

Selanjutnya point kedua, SP2D mendorong agar pemerintah desa aspiratif di dalam menjalankan roda kepemerintahan dan dapat mengimplementasikan UU No. 11 Tahun 2021 Bumdes (Badan Usaha Milik Desa), agar desa Bragung dapat mandiri secara ekonomi. Menurut Shohebul Umam, desa Bragung memiliki potensi yang luar biasa, baik dari potensi Sumber Daya Alam (SDA) atau pun potensi Sumber Daya Manusia (SDM).

“Bragung itu kaya potensi, baik potensi SDA ataupun SDM nya. Tinggal bagaimana pemdes dapat mengopitmalkan itu. Oleh karena itu, kita mendorong desa untuk membangun BUMDES sesuai dengan undang-undang yang berlaku. Soalnya sampai detik ini, BUMDES secara operasional seharusnya ada di Desa Bragung. Sudah jelas anggaran terhadap realisasi BUMDES itu ada dari pemerintah pusat,” tutur Shohebul Umam.

Baca juga  Revi Mariska Depresi, Punya Suami 16 Tahun Lebih Tua Darinya
Baca juga  Dari Kota Ambon Untuk Indonesia

Bahkan tidak hanya dua point hal di atas, yang disinggung oleh SP2D dalam audiesninya kali ini. SP2D juga mendorong pemerintah desa untuk segera menggunakan balai desa sebagai kantor pemerintahan desa. Karena diketahui selama ini pemerintahan desa lebih berpusat di rumah Kepala Desa, Latifah.

“Tidak ada ceritanya pemerintah itu ngantor di rumahnya sendiri. Jadi kami meminta kepada kades untuk segera menempati Balai desa yang sudah megah itu, biar birokrasi desa berjalan dengan optimal,” lanjutnya.

Selebihnya audiensi yang dihadiri oleh camat Guluk-Guluk dan BPD beserta anggotanya tersebut, sepakat kembali akan memikirkan bagaimana langkah-langkah strategis Desa Bragung ke depan sekaligus Balai desa Bragung dapat digunakan sebagaimana mestinya.

(Noel/PR.ID)

- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Utama

Pratikno, Resmi Ganti Nama Tol Jakarta Cikampek II Menjadi MBZ

PILIHANRAKYAT.ID. Jakarta-Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) resmi berganti nama menjadi jalan tol layang Mohamed Bin Zayed, pada...

PSTI DIY Gelar Rakerda, LTAD Jadi Fokus Garapan

PILIHANRAKYAT.ID, Jogja – Pengurus Daerah Persatuan Sepaktakraw Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2021- 2025 terus bergerak. Setelah...

Baca Juga

JAPFA Gencarkan Pariwisata Danau Toba di Pameran Food & Hotel Indonesia 2019

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta – Meriahkan festival makanan minuman bertaraf internasional, JAPFA sebagai perusahaan penyedia protein hewani hadir di pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019...

Usai Musibah, Kota Palu Jadi Sasaran Revitalisasi Sentra IKM

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya melakukan revitalisasi sentra industri kecil dan...

Kereta Api Pangandaran Diluncurkan untuk Mendukung Pariwisata

PILIHANRAKYAT.ID, BANJAR - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum serta Direktur Utama KAI Edi Sukmoro meluncurkan PT KAI rute Kereta Pangandaran, relasi Banjar...

250 Juta Harga Jabatan di Kudus

PILIHANRAKYAT.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sebelumnya telah menangkap Bupati Kudus, Muhammad Tamzil terkait kasus “jual-beli Jabatan” terus menelusuri dan memeriksa sekda dan...