Peran Santri terhadap Keutuhan NKRI.

- Advertisement -

Mohammad Akiduddin*

PILIHANRAKYAT.ID, Probolinggo-Sebagai seorang santri seharusnya tidak hanya bergerak di bidang perjuangan semata, bahkan seorang santri mampu untuk membebaskan Indonesia dari cengkraman tangan-tangan penjajah yg sangat menakutkan pada saat itu.

Santri juga harus bergerak di bidang Pendidikan, budaya, etika, ekonomi bahkan Politik. Tidak sedikit seorang santri yang mampu menempati posisi-posisi strategis, baik sebagai pejabat negara seperti ekskutif, legislatif dan yudikatif serta sebagai Ekonom dan Pengusaha tersohor.

Seorang santri harus aktif dalam mempertahankan NKRI dari berbagai ancaman yg ingin merubah Indonesia menjadi negara komunis dan  yang lain-lainnya sebab bagi seorang santri mempertahankan dan menjaga keutuhan NKRI bukan hanya karena berkaitan dengan nasionalisme saja, tapi juga termasuk kewajiban dalam menjaga keutuhan NKRI bahkan sebagai wadah dakwah.

Terimakasih Bapak Presiden Jokowi yang telah menetapkan tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional. HSN merupakan bentuk penghargaan kepada peran seorang santri dalam mempertahankan NKRI Ila Yaumil Qiyamah.

Dengan ditetapkannya tanggal 22 Oktober sebagai Hari Santri Nasional, maka sebagai seorang santri wajib hukumnya menjaga dan merawatnya dari segala ancaman baik yang datang dari luar maupun dari dalam.

Baca juga  Habibie: Antara Indonesia dan Ilona

Hindari dan bentengi dari kita, keluarga dan masyarakat sekitar dari paham-paham radikalisme yang akan merongrong dan memporak-porandakan ideologi Pancasila sehingga keutuhan NKRI terancam oleh ideologi yang tidak sejalan dengan Pancasila.

Sebagai santri, mari suarakan dan menyerukan agar menjadikan islam yang damai, ramah, toleran serta muderat “Ala Islam Nusantara” yang sudah lama diajarkan dan dikembangkan oleh para ulama kita sebagai penerus kenabian. Sabda Nabi : العلماء ورثۃالانبياء Ulama adalah pewaris para nabi.

Baca juga  Kisah Tragis Prilly Latuconsina Saat Syuting Film Horor

Disamping itu, santri juga sebagai pemuda zaman now akan menjadi calon pemimpin yang akan datang, sesuai maqolah : شباناليوم رجال الغد pemuda sekarang pemimpin hari esok.

Santri punya tanggang jawab untuk menjaga keutuhan dan keberlangsungan NKRI, dengan memperbanyak :

1. Berdoa dan munajat kepada Allah swt.

2. Melaksanakan syariat dan perintah Allah swt dengan sempurna.

3. Amar makruf nahi mungkar dan menjauhi larangan Allah swt.

4. Rajin ibadah dan menuntut ilmu yg tekun dan Sungguh-sungguh.

5. Jauhi dari aliran sesat, paham-paham radikal yang akan menghancurkan NKRI.

6. Jauhi Narkoba dan Narkotika serta minuman- minuman yang merusak akal sehat.

7. Utamakan persahabatan dan kedamaian serta Ukhuwah antar warga Negara untuk kenyamanan dan keamanan sehingga menjadikan kita Santri Unggul dan Negara Jaya seta Sejahtera.

Baca juga  Karhutla Melanda Gunung Arjuno, Gubernur Khofifah Tindak Melalui Water Bombing

Disamping itu, Ikrar Santri Indonesia tidak hanya menjadi ikrar seremonial tahunan semata, tetapi bisa diwujudkan dalam prilaku sehari-sehari dan setiap pergerakan santri demi teguhnya NKRI dan terciptanya kesejahteraan rakyat Indonesia.

Sebagaimana termaktub: Kami Santri Negara Kesatuan Republik Indonesia berikrar:

(1) Sebagai Santri Negara Kesatuan Republik Indonesia, berpegang teguh pada aqidah, ajaran, nilai, dan tradisi Islam Ahlussunnah wal Jama’ah.

(2) Sebagai Santri Negara Kesatuan Republik Indonesia, bertanah air satu tanah air Indonesia, berideologi negara satu ideologi Pancasila, berkonstitusi satu Undang Undang Dasar 1945, berkebudayaan satu kebudayaan Bhineka Tunggal Ika.

(3) Sebagai Santri Negara Kesatuan Republik Indonesia, selalu bersedia dan siap siaga, menyerahkan jiwa dan raga, membela tanah air dan bangsa Indonesia, mempertahankan persatuan dan kesatuan nasional serta mewujudkan perdamaian dunia.

(4) Sebagai Santri Negara Kesatuan Republik Indonesia, ikut berperan aktif dalam pembangunan nasional, mewujudkan kesejahteraan yang berkeadilan, lahir dan batin, untuk seluruh rakyat Indonesia.

Baca juga  Ridwan Kamil; Kita Jadikan Jabar Provinsi Paling Tabayun

(5) Sebagai Santri Negara Kesatuan Republik Indonesia, pantang menyerah, pantang putus asa serta siap berdiri di depan melawan pihak-pihak yang akan merongrong Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal ika, serta konstitusi dasar lainnya yang bertentangan dengan semangat Proklamasi Kemerdekaan dan Resolusi Jihad Nahdlatul Ulama

*Kepala Sekolah SMP Full Day School dan Staff Administrasi Anggota DPR RI

- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Utama

Pratikno, Resmi Ganti Nama Tol Jakarta Cikampek II Menjadi MBZ

PILIHANRAKYAT.ID. Jakarta-Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) resmi berganti nama menjadi jalan tol layang Mohamed Bin Zayed, pada...

PSTI DIY Gelar Rakerda, LTAD Jadi Fokus Garapan

PILIHANRAKYAT.ID, Jogja – Pengurus Daerah Persatuan Sepaktakraw Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2021- 2025 terus bergerak. Setelah...

Baca Juga

JAPFA Gencarkan Pariwisata Danau Toba di Pameran Food & Hotel Indonesia 2019

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta – Meriahkan festival makanan minuman bertaraf internasional, JAPFA sebagai perusahaan penyedia protein hewani hadir di pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019...

Usai Musibah, Kota Palu Jadi Sasaran Revitalisasi Sentra IKM

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya melakukan revitalisasi sentra industri kecil dan...

Kereta Api Pangandaran Diluncurkan untuk Mendukung Pariwisata

PILIHANRAKYAT.ID, BANJAR - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum serta Direktur Utama KAI Edi Sukmoro meluncurkan PT KAI rute Kereta Pangandaran, relasi Banjar...

250 Juta Harga Jabatan di Kudus

PILIHANRAKYAT.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sebelumnya telah menangkap Bupati Kudus, Muhammad Tamzil terkait kasus “jual-beli Jabatan” terus menelusuri dan memeriksa sekda dan...