PTSP Beroperasi di Bumi Laskar Pelangi, Menag: Mari Tinggalkan Masa Lalu

0


PILIHANRAKYAT.ID, PANGKAL PINANG – Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) kini resmi beroperasi.

Peresmian PTSP ini ditandai dengan penandatanganan prasasti, dilanjutkan penguntingan pita oleh Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin disaksikan Kakanwil Kemenag Babel Muhammad Ridwan, Sekdaprov Kepulauan Babel dan Kepala Biro HDI Mastuki, Senin (5/11/2018) lalu.

Baca Juga:

Menag mengatakan, PTSP merupakan program unggulan Kemenag dalam upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Karena itu ia bersyukur PTSP Babel beroperasi. Dengan sistem aplikasi online ini, harapnya, tidak lagi masyarakat yang mengurus perizinan dan membutuhkan informasi dilempar-lepmar dari satu meja ke meja lain.

Baca juga  Terendus Jual Beli Jabatan, Bupati Nganjuk Terjaring OTT KPK

“Mari kita tinggalkan masa lalu tersebut dengan layanan cepat dan transparan,” ujar Menag Lukman saat meninjau PTSP Kanwil Kemenag Kepulauan Babel.

“Saya memang menargetkan tahun ini semua Kanwil Kemenag memiliki PTSP dan mudah-mudahan tahun depan diikuti oleh PTSP di Kankemenag Kabupaten/Kota,” imbuhnya.

PTSP Kanwil Kemenag Kepulauan Babel menyediakan 28 layanan. Fasilitas yang disediakan demi memberi pelayanan dan kemudahan kepada masyarakat dalam hal perizinan dan informasi itu diantaranya Izin Belajar S1 bagi PNS Kemenag, tugas belajar S1 bagi PNS Kemenag, Izin Pendirian dan Operasional RA/Madrasah, Izin Penelitian (Madrasah dan Kanwil), Izin Pengajuan Magang/PKL.

Baca juga  3 Fakta Mengejutkan Usai Pembongkaran Makam Lina Jubaidah

Ada juga Surat Keterangan Pengganti Ijazah, Permohonan Legaliasi Lembaga Amil Zakat, Permohonan Informasi Keagamaan, Rekomendasi Pindah Sekolah, Rekomendasi Izin Belajar ke Luar Negeri, Rekomendasi Paspor Pendidikan dan Keagamaan, Rekomendasi Rencana Penggunaan Tenaga Kerja Asing (RPTKA) dan IMTA serta rekomendasi perpanjangan sebagai Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh (PPIU) dan perizinan lainnya. 

Selain meresmikan PTSP Menag Lukman Hakim juga meresmikan dan menandatangani prasasti Gedung Asrama Haji tahap I, Gedung Asrama Putra MAN Insan Cendikia, Balai Nikah dan Manasik Haji Kecamatan Parit Tiga dan Kecamatan Puding Besar serta menyerahkan bantuan renovasi mesjid, musholla dan desa percontohan kerukunan yaitu Desa Air Duren Kecamatan Pemali, Kabupaten Bangka.

Sumber: Fahmi Junior
Editor: Didik Hariyanto

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here