Serahkan Kode Registrasi Desa ke Pemkab Karo

- Advertisement -

PILIHANRAKYAT.ID, Medan–Proses pemekaran Desa Batukarang Kuta dari Desa Batukarang, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, hampir rampung. Hal itu ditandai dengan penyerahan kode registrasi desa persiapan Batukarang Kuta dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut kepada Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karo, Selasa (29/10).

Kode registrasi desa diserahkan Asisten Administrasi Umum dan Aset Pemprov Sumut Mhd Fitriyus  didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumut Aspan Sofian kepada Wakil Bupati Karo Cory Sebayang, di ruang kerjanya, Kantor Gubernur Sumut, Jalan Pangeran Diponegoro, Nomor 30 Medan.

Fitriyus mengatakan Pemprov Sumut siap mendukung dan membantu Pemkab Karo mempercepat proses pemekaran Desa Batukarang. “Kita pemerintah Provinsi Sumut tentu akan mendukung dan membantu sebisa mungkin untuk mempercepat pemekaran ini. Kita berterima kasih kepada Pemkab Karo yang sudah bekerja keras untuk mewujudkan ini,” ujarnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Karo Cory Sebayang mengatakan, masyarakat Batukarang Kuta dan Pemerintah Kabupaten Karo sangat berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sumut dan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi yang mempercepat proses pemekaran ini.

Baca juga  Pelukan Ariel Noah Memberi Energi Positif Bagi BCL

“Yang pertama dulu kami Pemerintah Kabupaten Karo dan tentunya masyarakat Batukarang Kuta sangat berterima kasih kepada semua pihak dan tentunya Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dan jajarannya, yang telah membuat proses pemekaran ini menjadi cepat. Sudah cukup lama proses pemekaran ini dan sekarang sedikit lagi akan selesai,” kata Cory, saat diwawancarai.

Pemekaran Desa Batukarang ini sudah memenuhi syarat seperti yang disebutkan di Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 1 tahun 2017, yaitu batas usia desa, jumlah penduduk, wilayah kerja, sosial budaya, potensi, batas  wilayah, sarana dan prasara, serta tersedianya dana operasional. Menurut Cory, faktor utama yang menjadi pertimbangan pemekaran ini adalah padatnya penduduk di desa tersebut.

Baca juga  Ribuan Massa Gelar Aksi "Save Babi" di Medan

Selain itu, Pemkab Karo juga sudah mempersiapkan perangkat-perangkat desanya agar Desa Batukarang Kuta segera bisa beroperasi secepat mungkin. “Daerah ini sangat padat, ada sekitar 5.000 jiwa dan dengan daerah yang luas maka pelayanan kepada masyarakat sulit dipenuhi, karena itulah dirasa perlu dilakukan pemekaran. Kita juga sudah mempersiapkan perangkat-perangkat desanya. Ini semua kita lakukan demi kesejahteraan masyarakat,” tambah Cory.

Baca juga  Ekspor Harus Dilakukan Untuk Meningkatkan Perekonomian di Indonesia

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sumut Aspan Sofian mengatakan, pemekaran desa ini sesuai dengan semangat Gubernur Sumut Edy Rahmayadi untuk membangun desa dan menata kota. Karena itu Kabupaten Karo mendapat dukungan penuh dari Pemprov Sumut untuk melakukan pemekaran desa.

“Kita berterima kasih kepada Pemkab Karo yang sudah bekerja keras mewujudkan ini. Pemekaran ini sesuai dengan visi Pak Gubernur bagaimana kita untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dan mendekatkan pelayanan sehingga masyarakat yang cukup jauh bisa cepat dilayani. Jadi, bisa mempermudah pemberian pelayanan kepada masyarakat,” ujarnya.

Acara penyerahan ini juga disaksikan Asisten Pemerintah Kabupaten Karo Suang Karo-karo, Kabag Pemerintahan Desa Karo Eva Angela dan Kabag Hukum Karo Monica Purba. Selanjutnya Direktorat Jendral (Ditjen) Pemberdayaan Masyarakat Desa Kemendagri akan menerbitkan nomor kode desa setelah Perda untuk Batukarang Kuta rampung. (Cipto/PR.ID)

Baca juga  Woro-woro Jalan Sehat Pon Pes Hayatul Islam
- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Utama

Pratikno, Resmi Ganti Nama Tol Jakarta Cikampek II Menjadi MBZ

PILIHANRAKYAT.ID. Jakarta-Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) resmi berganti nama menjadi jalan tol layang Mohamed Bin Zayed, pada...

PSTI DIY Gelar Rakerda, LTAD Jadi Fokus Garapan

PILIHANRAKYAT.ID, Jogja – Pengurus Daerah Persatuan Sepaktakraw Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2021- 2025 terus bergerak. Setelah...

Baca Juga

JAPFA Gencarkan Pariwisata Danau Toba di Pameran Food & Hotel Indonesia 2019

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta – Meriahkan festival makanan minuman bertaraf internasional, JAPFA sebagai perusahaan penyedia protein hewani hadir di pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019...

Usai Musibah, Kota Palu Jadi Sasaran Revitalisasi Sentra IKM

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya melakukan revitalisasi sentra industri kecil dan...

Kereta Api Pangandaran Diluncurkan untuk Mendukung Pariwisata

PILIHANRAKYAT.ID, BANJAR - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum serta Direktur Utama KAI Edi Sukmoro meluncurkan PT KAI rute Kereta Pangandaran, relasi Banjar...

250 Juta Harga Jabatan di Kudus

PILIHANRAKYAT.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sebelumnya telah menangkap Bupati Kudus, Muhammad Tamzil terkait kasus “jual-beli Jabatan” terus menelusuri dan memeriksa sekda dan...