Wakil Presiden Ma’ruf Amin; Jaga Kekompakan NU Pasca-Muktamar

- Advertisement -

PILIHANRAKYAT.ID, Lampung- Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang juga Mustasyar Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) meminta agar NU terus menjaga kekompakan usai pelaksanaan Muktamar ke-34 NU. Kiai Ma’ruf mengingatkan, hasil Muktamar ke-34 NU ini adalah amanat yang harus disyukuri, karena berjalan dengan damai dan lancar.

“Tadi disebutkan amanat yang harus kita jaga, kita pelihara, NU tidak boleh mengalami situasi terjadinya perpecahan, permusuhan, ketidakkompakan, sehingga membuat kiprah NU menjadi lemah,” ujar Kiai Ma’ruf saat menutup secara resmi Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama di Universitas Islam Negeri Raden Intan Bandar Lampung, Jumat (24/12).

Karena itu, Kiai Ma’ruf berpesan, agar warga Nahdliyin untuk melaksanakan sikap-sikap yang diajarkan para ulama yakni saling mencintai, saling menyayangi, sikap saling membantu), sikap saling menolong). Hal ini kata Kiai Ma’ruf sesuai dengan hadits Nabi Muhammad SAW yang menyebut orang mukmin yang satu dengan mukmin yang lain di dalam saling menyayangi, saling mencintai seperti tubuh yang satu.

Baca juga  Made Leo Berharap Gerindra Tidak Merapat ke Jokowi, Ini Alasannya

“Saling mencintai, menyayangi di antara warga Nahdlatul Ulama juga harus seperti tubuh yang satu. Harus seperti seperti satu bangunan yang satu sama lain saling menopang sehingga menjadi bangunan yang kuat, yang hebat,” ujar Wapres.

Ketua Dewan Pertimbangan Majelis Ulama Indonesia ini menilai, sikap ini, penting agar Nahdlatul Ulama dapat mewujudkan khittah nahdiyah atau garis-garis perjuangan Nahdlatul ulama, yakni khittah nabawiyah, khittahnya para nabi, khittah islahiyah perbaikan reformasi. Ia mengatakan, NU adalah gerakan organisasi kebaikan.

“Tidak ada yang dikehendaki kecuali illal ishlah perbaikan-perbaikan. Nahdlatul Ulama adalah gerakan ulama dalam memperbaiki umat diniyatan agamanya, maupun kemasyarakatannya,” katanya.

Baca juga  Istri Menkumham Meninggal, Jokowi Melayat Ke Rumah Duka Sentosa RSPAD

“Seluruhnya ini adalah menjadi kiprah perjuangan Nahdlatul Ulama dalam melakukan perbaikan-perbikan keumatan, kebangsaan, dan kenegaraan maupun dalam tataran tingkat global,” ujarnya lagi.

Baca juga  Ternyata Istana Jokowi Juga Bisa Terkena Banjir

Sebelumnya, saat menutup Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama, Wapres mengapreasi dan bersykur pelaksanaan Muktamar bisa berlangsung dengan lancar, baik dan damai.”Tidak ada kalimat yang pantas untuk kita ucapkan kecuali alhamdulilah karena muktamar ke 34 NU telah berakhir dengan damai dan tentram, memang banyak yang memperkirakan muktamar akan panas terjadi goncangan, tetapi ternyata muktamar ini dapat landing dengan damai, aman dan baik sekali,” ujarnya.

Menurutnya, ini karena NU merupakan organisasi yang berpengalaman dan dikendalikan oleh pilot pilot yang handal sehingga situasi segawat apapun dapat diatasi dengan baik dan akhir yang menyenangkan.

“Alhamdulilah hasil ini bagi pemerintah ini sangat menggembirakan, sangat menyenangkan, karena bagi pemerintah NU dianggap dan dinyatakan sebagai mitra pemerintah yang paling setia dalam membangun bangsa,” katanya.

(RED/PR.ID)

- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Utama

Kementrian ESDM Mengeluarkan Peta Rawan Bencana Gunung Semeru

PILIHANRAKYAT.ID, Dalam rangka mengurangi resiko bencana geologi khususnya akibat letusan Gunung Api Semeru, Badan Geologi, cq. Pusat...

Mendagri Minta Kepri Tetap Kendalikan Pandemi

PILIHANRAKYAT.ID, Batam - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta seluruh kepala daerah di Provinsi Kepulauan...

Baca Juga

JAPFA Gencarkan Pariwisata Danau Toba di Pameran Food & Hotel Indonesia 2019

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta – Meriahkan festival makanan minuman bertaraf internasional, JAPFA sebagai perusahaan penyedia protein hewani hadir di pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019...

Usai Musibah, Kota Palu Jadi Sasaran Revitalisasi Sentra IKM

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya melakukan revitalisasi sentra industri kecil dan...

Kereta Api Pangandaran Diluncurkan untuk Mendukung Pariwisata

PILIHANRAKYAT.ID, BANJAR - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum serta Direktur Utama KAI Edi Sukmoro meluncurkan PT KAI rute Kereta Pangandaran, relasi Banjar...

20 Besar Seyembara Buku Puisi HPI 2018

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Ketua Yayasan Hari Puisi (YHP) Maman S. Mahayana mewakili Dewan Juri yang lain hadir pada bincang-bincang Hari Puisi yakni Abdul Hadi...