Belajar Sabar Penyintas Gempa Palu-Donggala, Nurul Sang Pahlawan

- Advertisement -
Nurul Istikharah tampak tersenyum. Rasa bahagia tersirat di wajahnya saat bertemu Menag Lukman Hakim Saifuddin yang menyambanginya di pelataran MAN 1 Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pagi itu, Senin (19/11/2018) lalu.

PILIHANRAKYAT.ID, PALU – Nurul Istikharah tampak tersenyum. Rasa bahagia tersirat di wajahnya saat bertemu Menag Lukman Hakim Saifuddin yang menyambanginya di pelataran MAN 1 Kota Palu, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) pagi itu, Senin (19/11/2018) lalu.

Ia menarik pelan tangan kanan Menag Lukman saat bersalaman, menyandarkan ke kening dan menciumnya. Menag pun membalas senyuman Nurul. Menag kemudian menyapa dan mengelus kepala Nurul sembari membungkukan badan bertumpu setengah duduk untuk sejajar dengan Nurul yang duduk di kursi roda.

Saat tangan kanan Menag mengelus kepala Nurul, seketika ia pejamkan mata seakan merasakan belaian sang ibu yang kini telah tiada. Ada butiran kecil bening menetes di pipi Nurul tatkala berjumpa dengan Menag.

Air mata kebahagian itu tak kuasa ia bendung. Menag dan Nurul pun bercengkerama tanpa sedikit pun menunjukkan kesedihan lara nan mendalam.

Baca Juga:

Baca juga  Semarak Ultah SMP dan SMA Badridduja

Sambil memegang tangan kanan Nurul, Menag berucap pelan, “Kita harus kuat menghadapi cobaan ini. Allah swt pasti memberi kita kekuatan dan kesabaran,” kata Menag disambut senyum dan anggukan kepala dari Nurul. Keduanya saling bertatap memberi pesan optimisme bahwa Allah Maha Rahman. Dia tidak akan memberi ujian di luar batas kemampuan hamba-Nya.

Baca juga  Barokah dan Manfa'at Tidak Ada Yang Tau, Ini Alasanya

Nurul Istikharah merupakan siswa Kelas X MIA 3 MAN 1 Kota Palu. Ia salah satu penyintas dari ribuan warga, pascagempa, tsunami dan likuefaksi melanda Kota Palu, Sigi, dan Donggala pada 28 September 2018 silam.

Ia buah hati dari pasangan Muh Yunus (45) dan Risni (44). Adiknya bernama Fuziah (14). Saat gempa dan likuefaksi, Nurul atas kuasa Allah mampu bertahan selama 35 jam hingga akhirnya ditemukan tim Basarnas dan warga. Hanya kepala nurul yang tidak tertimbun reruntuhan material bangunan. Sementara sang ibu dan adik Nurul menghadap sang Khalik saat peristiwa itu.

Baca juga  Making Indonesia 4.0 Pendorong Revitalisasi Manufaktur Nasional

Kehadiran Menag Lukman pagi itu mengisyaratkan Nurul untuk bangkit menyongsong kehidupan dan meninggalkan masa kelam. Mewakili ribuan ASN dan keluarga besar Kemenag di seantero negeri, Menag pun menyerahkan bantuan tali asih kepada Nurul yang kala itu didampingi sang ayah.

Baca Juga:

Pertemuannya dengan Menag lebih kepada lecutan motivasi. Nurul kini menjadi pahlawan bagi dirinya sendiri, keluarga, teman dan masyarakat Kota Palu, Sigi, dan Donggala untuk kuat dan bangkit.

Tidak lara dan nestapa. Kini Nurul lebih kuat seiring kuat dan bangkitnya Kota Palu, Sigi dan Donggala menyongsong kehidupan lebih baik. 

Sumber: Kemenag
Editor: Didik H.

- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Utama

Peringati Harlah Sarbumusi ke-66, Pengurus Adakan Istiqosah dan Doa Bersama

PILIHANRAKYAT. ID, Jakarta- Menjelang peringatan hari lahir Serikat Buruh Muslim Indonesia (Sarbumusi) yang ke 66 tahun, DewanPimpinan...

KemenkoPMK Ajak Warga NU Istiqomah Praktikkan Instrumental Revolusi Mental

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) DKI Jakarta menggelar acara Penggerak Pemimpin Agama Pelopor dan...

Tekan Perpres No 82, Menag Yaqud: Ini Bukti Kehadiran Pemerintah

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta- Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah meneken Peraturan Presiden No 82 Tahun 2021 tentang Pendanaan Penyelenggaraan...

Baca Juga

JAPFA Gencarkan Pariwisata Danau Toba di Pameran Food & Hotel Indonesia 2019

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta – Meriahkan festival makanan minuman bertaraf internasional, JAPFA sebagai perusahaan penyedia protein hewani hadir di pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019...

Kereta Api Pangandaran Diluncurkan untuk Mendukung Pariwisata

PILIHANRAKYAT.ID, BANJAR - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum serta Direktur Utama KAI Edi Sukmoro meluncurkan PT KAI rute Kereta Pangandaran, relasi Banjar...

Usai Musibah, Kota Palu Jadi Sasaran Revitalisasi Sentra IKM

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya melakukan revitalisasi sentra industri kecil dan...

Nestapa Papua dan Konflik yang Berlanjut

“Mata saya memang tidak bisa melihat, tapi hati saya merasakan air mata dan penderitaan  orang Papua. Maka dari itu wahai orang Papua, hari ini kukembalikan...