Kebanjiran Investasi dari UEA, Solo Akan Dibangun Masjid Ala Abu Dhabi

- Advertisement -

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta-Bulan ini Indonesia akan kebanjiran investasi dari Uni Emirat Arab (UEA). Investasi tersebut merupakan tindak lanjut pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Putra Mahkota Abu Dhabi Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan.

Hal itu disampaikan langsung Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan di kantornya, Jakarta, Jumat (11/10/2019).

Adapun sederet investasi tersebut di antaranya investasi lahan pertanian di Kalimantan Tengah, Transaksi Kapal LST, pendanaan abadi (Sovereign Wealt Fund/SWF).

Sementara itu, Luhut mengungkapkan, UEA juga akan membangun replika Grand Mosque Abu Dhabi di Solo.

Baca juga  PMII Cabang Kota Ternate Gelar Aksi Tolak RUU Omnibus Law

Dalam proyek ini, Pertamina juga akan memberikan kucuran dana (baca: hibah) ke Pemda Solo untuk menunjang pembangunannya.

“Grand Mosque Abu Dhabi itu oleh Crown Prince replikanya dibangunkan di Solo. Ini ada dua skemanya, pertama dari Pertamina yang dihibahkan ke Pemda Solo. Sekarang prosesnya sedang dijalankan tim dari kita akan berkunjung ke Abu Dhabi dan dia juga ke sini,” imbuh Luhut.

Baca juga  Pak Hanif Sang Pejuang

Luhut menjelaskan, nantinya Masjid Raya Solo yang mereplika Grand Mosque Abu Dhabi tersebut akan dijadikan sebagai Islamic Center. Kerja sama ini juga akan berkaitan dengan pelatihan ulama Indonesia oleh ulama-ulama dari Abu Dhabi.

Baca juga  Isro' Mi'roj. Akiduddin; Kami Bangga ke Anak Didik Kami

“Dan itu jadi Islamic Center di sana juga di mana Abu Dhabi membantu untuk melatih ulama-ulama kita, dan juga mengajak ulama-ulama dari mereka ke kita,” kata Luhut.

Tidak hanya itu, Luhut menjelaskan, sejumlah investasi UEA ini berjalan sangat lancar. Pasalnya, Presiden Jokowi punya kedekatan khusus dengan Sheikh Mohamed Bin Zayed Al Nahyan.

“Kerja sama dengan UEA sekarang berkembang pesat. Karena, Crown Prince-nya sangat luar biasa. Sama Pak Jokowi begitu dekat, sehingga saya whatsapp-an, dan Presiden juga,” jelasnya.

(Noe/PR.ID) 

- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Utama

Kementrian ESDM Mengeluarkan Peta Rawan Bencana Gunung Semeru

PILIHANRAKYAT.ID, Dalam rangka mengurangi resiko bencana geologi khususnya akibat letusan Gunung Api Semeru, Badan Geologi, cq. Pusat...

Mendagri Minta Kepri Tetap Kendalikan Pandemi

PILIHANRAKYAT.ID, Batam - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta seluruh kepala daerah di Provinsi Kepulauan...

Baca Juga

JAPFA Gencarkan Pariwisata Danau Toba di Pameran Food & Hotel Indonesia 2019

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta – Meriahkan festival makanan minuman bertaraf internasional, JAPFA sebagai perusahaan penyedia protein hewani hadir di pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019...

Usai Musibah, Kota Palu Jadi Sasaran Revitalisasi Sentra IKM

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya melakukan revitalisasi sentra industri kecil dan...

Kereta Api Pangandaran Diluncurkan untuk Mendukung Pariwisata

PILIHANRAKYAT.ID, BANJAR - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum serta Direktur Utama KAI Edi Sukmoro meluncurkan PT KAI rute Kereta Pangandaran, relasi Banjar...

20 Besar Seyembara Buku Puisi HPI 2018

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Ketua Yayasan Hari Puisi (YHP) Maman S. Mahayana mewakili Dewan Juri yang lain hadir pada bincang-bincang Hari Puisi yakni Abdul Hadi...