Masjid Istiqlal Tidak Menggelar Sholat Jum’at

0
Masjid Istiqlal Tidak Melakukan Sholat Jum'at (foto: ist)
Masjid Istiqlal Tidak Melakukan Sholat Jum'at (foto: ist)

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta-Akibat Virus Corona dan beberapa himbauan dari pemerintah terkiat ibadah yang sudah saatnya dilakukan dirumah, ada masjid yang tak lagi menggelar sholat Jum’at yaitu Masjid Istiqlal.

Apa lagi Majelis Ulama Indomesia (MUI) sudah mengatakan kalau daerah sekitarnya sudah mayoritas terkena Virus Corona maka boleh masyarakat itu menggantikan sholat jum’at dengan sholat dhuhur.

Masjid Istiqlal meniadakan salat Jumat siang ini. Suasana Masjid Istiqlal kini pun sepi. Pasalnya, seorang jamaah dari Kalimantan Timur, Ahmad (60) mengaku tidak tahu bahwa kegiatan salat Jumat ditiadakan hari ini. Akhirnya, dia pun menunggu waktu salat Zuhur.

“Tadinya salat Jumat, tapi ditiadakan. (Jadinya) nunggu Zuhur. Salat Zuhur biasanya di masjid ada,” kata Ahmad saat ditemui di Masjid Istiqlal, Jakarta Pusat, Jumat (20/3/2020).

Pernyataan Lengkap Imam Besar Masjid Istiqlal soal Tunda Gelar Salat Jumat.

Baca juga  Injak Kepala Warga Sipil, Marsekal TNI Fadjar Prasetyo, Marah-Marah

Meskipun begitu, Ahmad memaklumi keputusan pemerintah dan meminta warga mematuhi aturan pemerintah. Dia juga berharap dengan sistem ini penyebaran Virus Corona bisa berkurang.

“Pendapat saya biasa aja ya, kita patuhi aturan negara, kita sebagai WNI berbaik hati dan tidak berburuk sangka. Dari dalam aturan apapun juga punya tujuan sendiri. Berhubung ada virus ya, dari virus ini kita dapat musibah di tahun 2020 ini pertama kalinya Istiqlal ditutup, tidak salat Jumat,” ujarnya.

Berbeda dengan Ahmad, Salman (63) datang ke Masjid Istiqlal meskipun sudah mengetahui kabar tidak adanya salat Jumat. Dia mengaku datang karena ingin memastikan kebenaran mengenai kabar tersebut.

“Saya mau salat Jumat. Semua tahu (kabar itu), saya ingin tahu aja. Iya kebenarannya salat Jumat itu, apa maksudnya? Kenapa takut sama penyakit?,” kata Salman.

Baca juga  Jakarta Berpotensi Menjadi Kota Besar di Dunia, PCNU; Kemiskinan Masih Tinggi di Jakarta

Sebelumnya, Imam Besar Masjid Istiqlal, KH Nasaruddin Umar, mengatakan Istiqlal tidak menggelar salat Jumat untuk dua pekan ini guna mencegah penyebaran Corona. Nasaruddin mengatakan dalil MUI dalam mengeluarkan fatwa sudah sangat tepat.

“Saya ingin menyampaikan hari ini adalah hari Jumat sayyidul ayyam, hari yang mulia bagi umat Islam, dianjurkan banyak ibadah hari ini. Namun begitu, sehubungan dengan keadaan darurat yang mencemaskan ini, agama menganjurkan kita untuk melakukan ikhtiar-ikhtiar, setiap kali kita bicara tentang takdir, setiap kali itu juga harus bicara ikhtiar, tak boleh hanya bicara tentang takdir tanpa bicara ikhtiar,” kata Nasaruddin dalam konferensi pers yang disiarkan live via YouTube BNPB, Jumat (20/3). (Rifa’i/PR.ID)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here