Penetapan Imam Nahrawi Oleh KPK Picu Pro Kontra di Beberapa PC PMII

- Advertisement -

PILIHANRAKYAT.ID, SLEMAN – Instruksi Pengurus Besar Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PB PMII) untuk aksi turun jalan tak disepakati oleh semua Pengurus Cabang (PC) PMII.

Dalam surat edarannya, PB PMII meminta pengurus di daerah untuk melakukan demonstrasi setelah Menpora Imam Nahrawi ditetapkan sebagai tersangka kasus suap dana hibah KONI.

Lewat surat bernomor 391.PB-XIX.02.147.A-1.09-2019 PB PMII menginstruksikan seluruh PC PMII menggelar aksi demonstrasi serentak. Mereka menilai KPK melakukan tebang pilih dalam kasus korupsi.

Tidak hanya itu, mereka menduga penetapan tersangka terhadap Imam Nahrawi terlalu politis dan melanggar hukum. Bahkan mereka juga menuding ada kelompok radikal atau Taliban yang ingin merusak citra pemerintah yang berlatar Nahdliyin (warga Nahdlatul Ulama).

Pada hari Jumat (20/09/2019), massa beratribut PMII menggelar demonstrasi di depan gedung KPK. Demo sempat ricuh, massa juga sempat melemparkan telur busuk ke arah gedung KPK dan meneriakkan “KPK busuk”.

Baca juga  Imam; Pemuda Maju, Indonesia Jaya

Massa menuntut pimpinan KPK mundur, meminta capim KPK terpilih cepat dilantik, dan menyatakan mendukung revisi UU KPK.

Massa aksi sempat membakar ban namun langsung dipadamkan petugas kepolisian. Massa dan polisi juga sempat terlibat saling dorong. Hingga akhirnya polisi memukul mundur massa aksi.

Hal serupa terjadi di Ponorogo. Aksi protes dengan massa yang mengatasnamakan PMII melakukan demonstrasi di depan kantor DPRD Ponorogo saat KPK tengah menjalankan roadshow.

Baca juga  Surat Mantan Pengagum untuk Amien Rais Soal Hoaks Ratna Sarumpaet

Mereka menyuarakan adanya isu radikalisme di tubuh KPK. Mereka khawatir jika lembaga negara disusupi radikalisme bisa merusak citra baik di mata masyarakat.

“Jangan sampai KPK itu dijadikan alat politik pun juga dengan isu radikalisme jangan sampai masuk kesana, kita butuh komitmen,” tutur korlap aksi, Hanif Munawirullah di sela-sela aksi.

Baca juga  Ada apa Menteri Dalam Nengeri Mengumpulkan Para Parpol, Apakah Ingin Membahas Pilkada Serentak?

Tapi hal berbeda juga terjadi di Sleman Yogyakarta, Pengurus Cabang Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PC PMII) Kabupaten Sleman menolak intruksi Pengurus Besar (PB) PMII.

Sidik Nur Toha selaku ketua PC PMII Sleman meminta kadernya tidak mengikuti aksi turun ke jalan untuk mengecam KPK. PC PMII Sleman mengindahkan dan menolak instruksi Pengurus Besar (PB) PMII.

“PC PMII Sleman menghimbau kepada seluruh kader di lingkup PC PMII Sleman untuk tidak terlibat dalam aksi yang diinstruksikan dalam Surat Instruksi PB PMII,” ujar Ketua PC PMII Sleman, Sidik Nur Toha dalam keterangannya, Jumat (20/9/2019).

Berdasarkan catatan yang diterima redaksi (21/09/2019), sejauh ini setidaknya ada Enam PC PMII yang tak sependapat dengan PB PMII. Pengurus Cabang itu diantaranya PC PMII Sleman, Surakarta, Semarang, Purworejo, Jember, dan Kota Depok. (Anwar/PR.ID)

- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Utama

DPD KNTI Tanjungbalai sesalkan Tidak Semua Nelayan Tradisional Mendapatkan Asuransi Nelayan

PILIHANRAKYAT.ID, Sumatera Utara-Senin Tanggal 4 Oktober PLT Walikota memimpin Apel pagi sekaligus pemberian asuransi ramayana untuk nelayan...

BEM PTAI : Tidak Masuk Akal TNI Disusupi PKI, Masyarakat Sudah Cerdas

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta- Badan Eksekutif Mahasiswa Perguruan Tinggi Agama Islam se-Indonesia (BEM PTAI) bersilaturahmi dengan Panglima Kostrad Letjen...

Kiai Said: Kekayaan Simbol dan Kultural NU Intrumen Gerakan Revolusi Mental

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta-Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Provinsi DKI Jakarta menggelar acara Penggerak Pemimpin Agama Pelopor dan Penggerak...

Baca Juga

JAPFA Gencarkan Pariwisata Danau Toba di Pameran Food & Hotel Indonesia 2019

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta – Meriahkan festival makanan minuman bertaraf internasional, JAPFA sebagai perusahaan penyedia protein hewani hadir di pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019...

Usai Musibah, Kota Palu Jadi Sasaran Revitalisasi Sentra IKM

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya melakukan revitalisasi sentra industri kecil dan...

Kereta Api Pangandaran Diluncurkan untuk Mendukung Pariwisata

PILIHANRAKYAT.ID, BANJAR - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum serta Direktur Utama KAI Edi Sukmoro meluncurkan PT KAI rute Kereta Pangandaran, relasi Banjar...

20 Besar Seyembara Buku Puisi HPI 2018

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Ketua Yayasan Hari Puisi (YHP) Maman S. Mahayana mewakili Dewan Juri yang lain hadir pada bincang-bincang Hari Puisi yakni Abdul Hadi...