, ,

Berikut Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia 2023, Indonesia Nomor Berapa?

Avatar Pilihan Rakyat
Daftar 10 Negara Terkaya di Dunia 2023, Indonesia Nomor Berapa?

PILIHANRAKYAT.ID – Pasca Pandemi dunia menjadi kondisi ekonomi global masuk ke dalam labirin ketidakpastian. Banyak negara-negara yang sedang berjuang bangkit untuk memulihkan kondisi perekonomiannya. Kendati demikian, sejumlah negara justru mampu mengatasi setiap krisis yang datang. Bahkan negara-negara ini berhasil menjadi negara terkaya di dunia.

Hari ini, Rabu (24/5/2023), Majalah Global Finance mengumumkan bahwa negara Irlandia menjadi negara terkaya di dunia tahun 2023 ini dengan GDP-PPP per kapita sebesar US$ 145,196. Bahkan, Negara yang bertetanggaan dengan Inggris ini berhasil menduduki peringkat 1 di dunia berkat banyaknya investasi perusahaan global di negara ini.

Bukan tanpa sebab dan alasan, Irlandia merupakan negara yang disebut-sebut memberikan berbagai macam keringanan pajak bagi perusahaan-perusahaan global tersebut. Karenanya Irlandia dijuluki sebagai “Corporate Tax Havens” alias surga pajak para perusahaan. Maka tak heran bila perusahaan raksasa global semacam Apple, Google, Microsoft, hingga Meta dan Pfizer berinvestasi dan membangun perusahaan di negara itu.

Negara yang menyusul Irlandia adalah Luksemburg dengan GDP-PPP per kapita sebesar US$ 142,490. Negara kecil yang terletak di jantung Eropa ini memang kerap kali masuk dalam daftar negara di dunia. Sebelumnya Negara dengan jumlah penduduk sebanyak 650 ribu jiwa itu sempat menduduki peringkat nomor 1 sebagai negara terkaya di dunia.

Negara ini mampu mengalokasikan kekayaannya untuk layanan kesehatan, pendidikan, dan infrastruktur yang lebih baik bagi warga negaranya. Meski begitu, kondisi ekonomi negara ini memang sempat melemah akibat berbagai macam masalah yang terjadi di Eropa.

Kemudian pada urutan ke-3 negara terkaya di dunia ada tetangga Indonesia, yakni Singapura. Meski tidak memiliki wilayah yang luas maupun SDA yang besar, negara “kecil-kecil cabe rawit” ini berhasil menjadi salah satu negara terkaya di dunia. Berdasarkan survei Global Finance, Singapura memiliki perolehan GDP-PPP per kapita sebesar US$ 133,895.

Lantas, di manakah posisi Indonesia? Sayang sekali, Indonesia tidak masuk ke dalam daftar 10 negara terkaya di dunia 2023. Jauh dari peringkat 10 besar, saat ini Indonesia berada di peringkat 102 dengan nilai GDP-PPP sebesar US$ 15,855.

Daftar 10 negara terkaya di dunia 2023 versi majalah Global Finance:
1. Irlandia (US$ 145.196)
2. Luxembourg (US$ 142.490)
3. Singapura (US$ 133.895)
4. Qatar (US$ 124.848)
5. Macao (US$ 89.558)
6. Uni Emirates Arab (US$ 88.221)
7. Swiss (US$ 87.963)
8. Norwegia (US$ 82.655)
9. Amerika Serikat (US$ 80.035)
10. San Marino (US$ 78.926)

Sebagai informasi, seperti dikutip dari detik.com, dalam survei yang dilakukannya, majalah Global Finance menggunakan pendapatan per kapita para warganya, daya beli masyarakat atau purchasing Power Parity (PPP), hingga besarnya Pendapatan Domestik Bruto (PDB) sebagai indikator penentuan negara terkaya di dunia.

Selain itu, selama COVID-19 dan munculnya perang Rusia-Ukraina, Global Finance juga menggunakan indikator lain yakni negara-negara yang memiliki ketahanan ekonomi kuat sebagai salah satu tolak ukur negara terkaya di dunia. [red/prid]

Avatar Pilihan Rakyat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Author Profile

John Doe

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam.

Search
Cateegories