Bupati Purbalingga: Protokol Kesehatan Jangan Sampai Diabaikan

- Advertisement -

PILIHANRAKYAT.ID, Purbalingga- Bupati Purbalingga, Jawa Tengah, Dyah Hayuning Pratiwi meminta seluruh warganya tidak mengabaikan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran COVID-19.

“Meskipun terjadi tren penurunan kasus aktif COVID-19 di wilayah Purbalingga, protokol kesehatan jangan sampai diabaikan,” katanya di Purbalingga, Jawa Tengah, Selasa.

Bupati juga menambahkan bahwa berdasarkan instruksi terbaru Mendagri tentang lanjutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) untuk wilayah Jawa dan Bali, Purbalingga masuk dalam kategori PPKM level 2.

“Berdasarkan Inmendagri Nomor 63/2021 tentang lanjutan PPKM untuk wilayah Jawa dan Bali Purbalingga masuk kategori PPKM level 2,” katanya.

Kendati demikian, dia tetap meminta masyarakat untuk meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian serta meningkatkan disiplin penerapan protokol kesehatan karena pandemi COVID-19 belum berakhir.

Baca juga  Antara Politik dan Moralitas

“Pandemi COVID-19 masih belum berakhir, masyarakat masih harus disiplin pakai masker, mencuci tangan dan juga menjaga jarak serta menjauhi kerumunan,” katanya.

Sementara itu, berdasarkan data dari Pemerintah Kabupaten Purbalingga diketahui bahwa kasus aktif COVID-19 atau pasien yang masih terinfeksi dan menjalani isolasi di Kabupaten Purbalingga hingga hari ini tersisa tiga orang.

Plt. Kepala Dinas Kesehatan Purbalingga Hanung Wikantono mengatakan jumlah kasus terkonfirmasi COVID-19 di wilayah ini sejak awal penanganan hingga saat ini ada sebanyak 18.434 orang.

Baca juga  Sitoresmi Prabuningrat Lancarkan Surat Terbuka Buat Teroris

Dari jumlah tersebut 17.296 telah dinyatakan sembuh, 1.135 meninggal dunia, satu orang dirawat di fasilitas kesehatan dan dua orang lainnya melakukan isolasi mandiri.

Baca juga  Lucinta Luna Ditangkap Polisi Karena Narkoba

Bila merujuk pada data, kata dia, maka dapat diindikasikan bahwa penyebaran dan penanganan pandemi COVID-19 di wilayah ini makin terkendali.

Namun demikian pihaknya mengingatkan bahwa warga Purbalingga tidak boleh bersikap euforia dan perlu tetap memperkuat protokol kesehatan dan segara mendapatkan vaksinasi COVID-19.

“Bagi yang belum mendapatkan vaksin diharapkan segera mendaftarkan diri ke Puskesmas yang terdekat dari domisili masing-masing,” katanya.

Dia menambahkan upaya penanganan pandemi COVID-19 di wilayah ini membutuhkan peran aktif dari seluruh masyarakat agar terus berjalan dengan optimal.

(RED/PR.ID)

- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Utama

Kementrian ESDM Mengeluarkan Peta Rawan Bencana Gunung Semeru

PILIHANRAKYAT.ID, Dalam rangka mengurangi resiko bencana geologi khususnya akibat letusan Gunung Api Semeru, Badan Geologi, cq. Pusat...

Mendagri Minta Kepri Tetap Kendalikan Pandemi

PILIHANRAKYAT.ID, Batam - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian meminta seluruh kepala daerah di Provinsi Kepulauan...

Baca Juga

JAPFA Gencarkan Pariwisata Danau Toba di Pameran Food & Hotel Indonesia 2019

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta – Meriahkan festival makanan minuman bertaraf internasional, JAPFA sebagai perusahaan penyedia protein hewani hadir di pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019...

Usai Musibah, Kota Palu Jadi Sasaran Revitalisasi Sentra IKM

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya melakukan revitalisasi sentra industri kecil dan...

Kereta Api Pangandaran Diluncurkan untuk Mendukung Pariwisata

PILIHANRAKYAT.ID, BANJAR - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum serta Direktur Utama KAI Edi Sukmoro meluncurkan PT KAI rute Kereta Pangandaran, relasi Banjar...

20 Besar Seyembara Buku Puisi HPI 2018

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Ketua Yayasan Hari Puisi (YHP) Maman S. Mahayana mewakili Dewan Juri yang lain hadir pada bincang-bincang Hari Puisi yakni Abdul Hadi...