Kerjasama Ekonomi Melalui Aplikasi Media Sosial

- Advertisement -

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta-Indonesia-Ethiopia Business Connect (IEBC), sebuah wadah komunikasi cepat, konektivitas dan eksekusi kerjasama ekonomi melalui aplikasi sosial media, diluncurkan Selasa (22/10) di gedung SME Tower, Jakarta.

Peluncuran IEBC dilakukan oleh Al Busyra Basnur, Duta Besar RI untuk Ethiopia, Djibouti dan Uni Afrika, disaksikan oleh Armel Arifin, Direktur Bisnis dan Marketing Lembaga Layanan Pemasaran Koperasi dan UKM (LLP-KUKM), Kementerian Koperasi dan UKM; Leny, Ketua Forum Perdagangan Indonesia Afrika (FPIA) dan puluhan pengusaha pengurus dan anggota FPIA.

“IEBC sengaja diluncurkan dalam rangka meningkatkan hubungan dan mempererat kerjasama pengusaha Indonesia dan Ethiopia melalui berbagai aplikasi media sosial. Pengusaha memerlukan komunikasi, keputusan dan transaksi cepat dan real time. Waktu dan informasi dalam berbisnis sangat penting dan info tersebut harus segera sampai ke tangan pelaku,” kata Duta Besar Al Busyra.

“Salah satu tantangan sekaligus kelemahan yang sering terjadi selama ini antara lain kurang dan terbatasnya informasi mengenai permintaan dan penawaran antar pengusaha Indonesia dan Ethiopia. Ini juga dialami banyak pengusaha di negara-negara lain yang berpotensi besar melakukan kerjasama dengan Indonesia,” tambah Duta Besar Al Busyra.

Baca juga  Kapolres Dan PMII Banyuwangi Sepakat Jaga Banyuwangi

Pada acara peluncuran tersebut, Duta Besar Al Busyra Basnur juga memaparkan perkembangan terkini dan peluang kerjasama ekonomi Indonesia-Ethiopia serta African Continental Free Trade Area (AfCFTA). Hadir juga sebagai pembicara Yete Mbote Jacques, Walikota Edea, Kamerun yang menghadiri Trade Expo Indonesia (TEI) di Serpong, 16-20 Oktober 2019.

Salah satu pernyataan menarik dalam tanya jawab adalah pengakuan pengusaha Indonesia yang hampir semua belum mengetahui potensi besar pasar Afrika bagi Indonesia. “Mendengarkan kata Afrika saja, langsung muncul persepsi negatif dalam pemikiran kami,” kata Duta Besar Al Busyra mengutip pernyataan seorang pengusaha yang hadir sebagai peserta.

Baca juga  Kapolres Dan PMII Banyuwangi Sepakat Jaga Banyuwangi

“Diplomasi ekonomi Indonesia dibawah Menlu Retno Marsudi dan sesuai arahan Presiden Joko Widodo, menempatkan Afrika sebagai prioritas. April 2018, Indonesia menyelenggarakan Indonesia-Africa Forum dan Agustus 2019, sebagai tindak lanjut, Indonesia menyelenggarakan Indonesia Africa Infrastructure Dialogue,” tambahnya.

Baca juga  Vannesa Anggel Buka-Bukaan di Bali, Netizen Dilarang Ngiler

Sementara itu Walikota Mbote mengundang pengusaha Indonesia untuk segera hadir di Kamerun. Saat ini banyak pengusaha China, Jepang dan Korea berbisnis di Kamerun. Ia pun berjanji akan memberikan pelayanan khusus kepada pengusaha Indonesia yang datang ke kotanya.

Duta Besar Al Busyra Basnur berada di Jakarta dalam rangka mendampingi puluhan pengusaha Ethiopia yang menghadiri TEI 2019 dan sebagai pembicara di salah satu forum expo tahunan terbesar Indonesia tersebut.

Ethiopia dengan penduduk 112 juta jiwa, kedua tertinggi di Afrika setelah Nigeria, mengalami kemajuan ekonomi yang pesat. Tahun 2004-2017 pertumbuhan ekonomi Ethiopia diatas 10 persen, tertinggi di sub-Sahara. Tahun ini pertumbuhan ekonomi Ethiopia 8,6 persen, tetap tertinggi di kawasan.

Saat ini terdapat lima perusahaan Indonesia yang berinvestasi di Ethiopia, yaitu PT Indofood, PT Sinar Antjol, PT Busana Apparels Group, dan PT Sumber Bintang Rejeki dan PT Bukit Perak PT Bukit Perak. (Cipto/PR.ID)

Baca juga  Heboh! Ibu Kota Jakarta Mencetak Rekor kasus Positif Covid-19
- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Utama

Pratikno, Resmi Ganti Nama Tol Jakarta Cikampek II Menjadi MBZ

PILIHANRAKYAT.ID. Jakarta-Jalan Tol Jakarta-Cikampek II (Elevated) resmi berganti nama menjadi jalan tol layang Mohamed Bin Zayed, pada...

PSTI DIY Gelar Rakerda, LTAD Jadi Fokus Garapan

PILIHANRAKYAT.ID, Jogja – Pengurus Daerah Persatuan Sepaktakraw Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta periode 2021- 2025 terus bergerak. Setelah...

Baca Juga

JAPFA Gencarkan Pariwisata Danau Toba di Pameran Food & Hotel Indonesia 2019

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta – Meriahkan festival makanan minuman bertaraf internasional, JAPFA sebagai perusahaan penyedia protein hewani hadir di pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019...

Usai Musibah, Kota Palu Jadi Sasaran Revitalisasi Sentra IKM

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya melakukan revitalisasi sentra industri kecil dan...

Kereta Api Pangandaran Diluncurkan untuk Mendukung Pariwisata

PILIHANRAKYAT.ID, BANJAR - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum serta Direktur Utama KAI Edi Sukmoro meluncurkan PT KAI rute Kereta Pangandaran, relasi Banjar...

250 Juta Harga Jabatan di Kudus

PILIHANRAKYAT.ID - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang sebelumnya telah menangkap Bupati Kudus, Muhammad Tamzil terkait kasus “jual-beli Jabatan” terus menelusuri dan memeriksa sekda dan...