Mulai Hidup Sehat, Kokap Bebas Jentik-Jentik Nyamuk

0

PILIHANRAKYAT.ID – Kulonprogo – Kokap, Kulonprogo mengadakan Gerakan serentak Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN).

Kokap merupakan tempat yang sering ada penyakit Malaria. Hal tersebut disebabkan karena Malaria terjadi musiman di daerah yang kotor dan banyak tumpukan air.

Daerah Kokap, Kulonprogo banyak tumpukan air yang sudah lama tidak mengalir seperti halnya saluran sungai yang cukup lama tidak mengalir sehingga tergenang. Itu yang menimbulkan jentik-jentik nyamuk itu berkembang sehingga menghasilkan nyamuk demam berdarah (malaria).

Ibu Salamah, selaku pihak Puskesmas Kokap I berharap masyarakat Kokap Kulonprogo tidak terkenak penyakit malaria. Gerakan Serentak PSN itu sangat efektif ketika betul-betul dijalankan bersama-sama. Agar Kokap bebas dari penyakit malaria. 

“Kita menginginkan pencegahan demam berdarah supaya masyarakat tidak terkena demam berdarah. Untuk itu kita harus cari  cara yang efektif untuk meniadakan nyamuk, karna nyamuk merupakan vector pembawa penyakit malaria,” ujarnya Salamah saat ditemui di Balai Kecamatan Kokap, Kulonprogo, Jum’at (26/7/2019) lalu.

Baca juga  Undur Diri dari Indonesian Idol, Prinsa Shafira; Terkesan Settingan

Acara Gertak PSN di kemas dengan apel bersama dengan segenap pegawai Kecamatan Kokap, Segenap aparatur TNI, POLISI, dan segenap teman-teman Kuliah Kerja Nyata (KKN) di depan Pasar Kokap dan di lanjut dengan acara ceremonial penyuluhan mencegah penyakit malaria.

Perkembangan jentik-jentik nyamuk tidak hanya di musim hujan melainkan pada saat musim kemarau seperti saat ini juga ada jentik – jentik nyamuk yang perkembang pada musim kemarau. Hal itu bisa dilihat pada aliran sungai yang mulai berkurang. Jadi banyak genangan-genangan  kecil yang tidak mengalir, hal itu mempermudah perkembangan nyamuk.

“Wilayah kokap di sekelilingnya dipenuhi dengan sungai dan banyak daun-daun yang jatuh ke sungai dalam posisi terbuka sehinga mempermudah perkembangan  jentik-jentik,” tambah Salamah.

Baca juga  Beri Kartu Kuning Ke Puan: Politisi NasDem, Ganjar Bisa Kami Ambil

Gertak PNS ini tak hanya dari Puskesmas Kokap I yang hadir akan tetapi dari pihak Puskesmas Kokap II juga hadir dalam mengkonsep cara efektif mencegah penyakit malaria.  Ibu Melly selaku pihak Puskesmas II mengatakan bahwa kasus-kasus serangan nyamuk malaria tahun sebelumnya di Kokap Kulonprogo sudah ada.

“Di wilayah Kokap II, Desa Hargowilis pernah terjadi I kasus malaria, tahun 2017 terjadi 5  kasus,  tahun 2018 1 kasus dan pada tahun ini belum ada kasus malaria yang terjadi. Semenjak tahun 2001 sudah ada eliminasi dengan jangka waktu 3 tahun tidak ada kasus penularan malaria,” kata Ibu Melly.

Apabila tahun ini dan tahun depan tidak ada kasus maka bisa melakukan eliminasi bahwa daerah tersebut sudah bebas dari malaria. Langkah yang akan dipakai dengan cara turun langsung kemasyarakat. Pungkasnya (Tripuji/PR.ID).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here