Ada apa Menteri Dalam Nengeri Mengumpulkan Para Parpol, Apakah Ingin Membahas Pilkada Serentak?

- Advertisement -

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta-Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengumpulkan pimpinan sembilan partai politik yang ada di DPR RI hari ini, Rabu (8/1). Masih belum jelas kenapa Mendagri mengumpulkan segenap para pimpinan parpol.

Sementara yang hadir hanya sebagian sekjen dari 4 partai politik. Pasalnya Mereka mengadakan pertemuan dengan tajuk “Morning Coffee” di Kantor Kementerian Dalam Negeri, Jakarta.

Beberapa pimpinan parpol yang telah terpantau hadir adalah Sekjen Partai Demokrat Hinca Pandjaitan, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani, Sekjen PPP Arsul Sani, dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Sementara dari Kemendagri, ada Mendagri Tito Karnavian, Sekjen Kemendagri Hadi Prabowo, dan Dirjen Otonomi Daerah Akmal Malik.

Baca juga  Catatan GM tentang Hoaks RS yang Penting Anda Baca

Pihak Kemendagri belum menjelaskan tujuan pertemuan kali ini. Akan tetapi Sekjen PPP Arsul Sani menyebut rapat kali ini hanya sebatas silaturahmi pemerintah dan DPR RI.

“Saya kira ini lebih bermakna sebagai silaturahmi antara pimpinan parpol yang diwakili sekjen-sekjen, dengan Pak Mendagri baru karena memang kalau pun ketemu tidak secara khusus tentu pembicaraannya nanti mengalir,” ujar Arsul saat ditemui di Kantor Kemendagri, Jakarta, Rabu (8/1).

Baca juga  Anisah Syakur Peduli Wamena

Meski begitu, Arsul memprediksi pertemuan akan membahas Pilkada Serentak 2020. Sebab gelaran tersebut menjadi pilkada serentak terbesar dalam sejarah Indonesia dengan melibatkan 270 daerah.

Baca juga  Pemerintah Jamin Pemulangan WNI dari Wuhan, Tak Bahayakan Masyarakat Natuna

Selain itu, ia juga menduga akan ada pembahasan bantuan politik untuk para parpol. Peningkatan dana banpol juga pernah dibahas saat Tito menghadiri Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi II DPR RI.

Arsul juga menyebut ada kemungkinan pembahasan revisi UU Pemilu. Sebab revisi UU Pemilu telah masuk dalam Prolegnas DPR periode baru.

“Di DPR Prolegnas kan juga ada revisi UU Pemilu ya. Nah saya kira kalau kita mulai dengan pembicaraan informal antarpara sekjen yang punya fraksi DPR ini akan lebih bagus,” tuturnya.

Semuanya pasti bernampak pada perubahan sistem dan relevansinya terhadapa masyarakat. “Paling tidak kita bisa saling tahu posisi awal dari masing-masing partai terkait perubahan UU pemilu,” lanjut dia.

(Rifa’i/PR.ID)

- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Utama

PPKM di Perpanjang, WaGub DKI Jakarta; STRP Masih Tetap Berlaku

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta- Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengatakan, Surat Tanda Registrasi Pekerja (STRP) masih tetap...

PPKM di Perpanjang, IKAPPI Minta Percepatan Vakisin di Pasar Tradisional

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta- DPP Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (Ikappi) merespons baik pernyataan Presiden dalam pengumuman perpanjangan PPKM. Namun...

Keluarkan Kebijakan PPKM,Inmendagri; Optimalkan Posko Covid19 Tingkat Desa

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta, - Pemerintah kembali memperpanjang Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro. Hal itu dikuatkan dengan...

Baca Juga

JAPFA Gencarkan Pariwisata Danau Toba di Pameran Food & Hotel Indonesia 2019

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta – Meriahkan festival makanan minuman bertaraf internasional, JAPFA sebagai perusahaan penyedia protein hewani hadir di pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019...

Usai Musibah, Kota Palu Jadi Sasaran Revitalisasi Sentra IKM

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya melakukan revitalisasi sentra industri kecil dan...

Kereta Api Pangandaran Diluncurkan untuk Mendukung Pariwisata

PILIHANRAKYAT.ID, BANJAR - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum serta Direktur Utama KAI Edi Sukmoro meluncurkan PT KAI rute Kereta Pangandaran, relasi Banjar...

20 Besar Seyembara Buku Puisi HPI 2018

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Ketua Yayasan Hari Puisi (YHP) Maman S. Mahayana mewakili Dewan Juri yang lain hadir pada bincang-bincang Hari Puisi yakni Abdul Hadi...