Indonesia Akan Menerapkan Sistem Tauhid, Ini Penjelasan FPI

- Advertisement -

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta-Indonesia akan membuat konsep negara berbasis sistem tauhid. Hal itu dikatakan oleh imam besar Habib Rizieq Shihab. Karena sudah jelas dalam pancasil pertama yaitu ketuhan yang maha esa.

Hal itu dibenarkan dan dijelaskan oleh Sekretaris Umum DPP Front Pembela Islam (FPI) Munarman menyatakan tak ada yang salah dengan negara berbasis sistem tauhid yang digaungkan oleh Imam Besar FPI Rizieq Shihab.

Dia justru heran banyak pihak yang mempertanyakan relevankah ketika Indonesia menerapkan sistem tauhid?

“Kalau ditonton dengan jernih pernyataan HRS (Habib Rizieq Shihab), tak ada satupun yang aneh yang diucapkan HRS. Kenapa harus jadi permasalahan semua ya,” kata Munarman kepada Kamis (3/12).

Munarman menjelaskan bahwa konsepsi negara dengan sistem berbasis tauhid itu sejalan dengan sila pertama Ketuhanan Yang Maha Esa. Oleh karena itu, tidak ada yang salah dengan konsepsi Rizieq tersebut.

“Coba pikirkan dengan jujur dan matang. Ketuhanan yang maha esa itu tauhid bukan?” kata Munarman.

Baca juga  Probolinggo Berdarah; Tusukan Cinta yang Mengundang Maut

Senada, Wakil Sekretaris Umum FPI Aziz Yanuar tak ada yang salah dengan konsepsi negara berbasis sistem tauhid. Menurutnya, konsepsi itu sesuai dengan berdasarkan sila Ketuhanan Yang Maha Esa.”Tuhan yang maha satu itu kan tauhid. Sederhana kok,” kata Aziz.

Sementara itu, Wasekjen PA 212 Novel Bamukmin menilai konsepsi negara berbasis tauhid yang dikemukakan Rizieq untuk merespon kontroversi wacana Pancasila ingin dipangkas menjadi Trisila dan Ekasila belakangan ini.

Baca juga  Jangan Jadikan Korban Komoditas Politik

Menurutnya, Rizieq tak ingin konsepsi sila mengenai Ketuhanan Yang Maha Esa dihilangkan dalam Pancasila. “Karena selama ini Pancasila ingin dirubah yaitu unsur ketuhanan diletakan di sila ke tiga dalam Tri Sila bahkan menjadi Ekasila yang unsur ketuhanan malah sudah dihilangkan kembali dalam RUU HIP yang diinisiatori oleh PDIP,” kata Novel.

Sekretaris Umum DPP FPI Munarman (kanan) menyatakan tak ada yang salah dengan konsep Rizieq Shihab tentang sistem negara berbasis tauhid.

Baca juga  Dalam Sosialisasi 4 Pilar, Wakil MPR Bicara Masalah Terbesar Indonesia

Novel menjelaskan bahwa sila pertama Pancasila menjadi rujukan Habib Rizieq dalam merumuskan konsepsi negara berbasis tauhid.

Novel juga mengatakan Pancasila merupakan konsepsi yang dirumuskan oleh para ulama yang menjadi bapak pendiri Indonesia saat Indonesia merdeka. “Untuk itu rakyat harus kembali kepada tauhid/sila pertama agar Pancasila dirawat oleh ulama maka itulah hakekat sebenarnya dan aman di tangan para ulama yang jelas merah putihnya,” kata Novel.

Sebelumnya, Rizieq mengajak masyarakat untuk ‘hijrah’ ke sistem negara berbasis tauhid. Gagasan itu merupakan bagian dalam konsepsi besar Revolusi Akhlak yang ia gaungkan selepas pulang dari Arab Saudi beberapa waktu lalu.

“Maka itu, revolusi akhlak di level sistem bagaimana kita menggandeng, kita hijrah ke sistem berbasis tauhid, berbasis sila pertama Pancasila,” kata Rizieq dalam Dialog Nasional Reuni Akbar 212 kemarin. (Rifa’i/PR.ID)

- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Utama

Menunggu Kiprah Fauzi-Eva

Oleh: Shohebul Umam JR* Gegap gempita antusiasme masyarakat Sumenep menyambut bupati anyar, Fauzi-Eva (FE)...

Pemuda Desa Bragung Sumenep Temui Kepala Desa: Tanyakan Realisasi BUMDES Dan Antisipasi Kenakalan Remaja

PILIHANRAKYAT.ID, Sumenep-Pemuda yang tergolong dalam Solidaritas Pemuda Desa Bragung (SP2D) temui Latifah, Kepala Desa Bragung Kecamatan Guluk-Guluk...

Baca Juga

JAPFA Gencarkan Pariwisata Danau Toba di Pameran Food & Hotel Indonesia 2019

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta – Meriahkan festival makanan minuman bertaraf internasional, JAPFA sebagai perusahaan penyedia protein hewani hadir di pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019...

Usai Musibah, Kota Palu Jadi Sasaran Revitalisasi Sentra IKM

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya melakukan revitalisasi sentra industri kecil dan...

Kereta Api Pangandaran Diluncurkan untuk Mendukung Pariwisata

PILIHANRAKYAT.ID, BANJAR - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum serta Direktur Utama KAI Edi Sukmoro meluncurkan PT KAI rute Kereta Pangandaran, relasi Banjar...

Nestapa Papua dan Konflik yang Berlanjut

“Mata saya memang tidak bisa melihat, tapi hati saya merasakan air mata dan penderitaan  orang Papua. Maka dari itu wahai orang Papua, hari ini kukembalikan...