Peringati Harlah Ke-66, Sarbumusi Adakan Istigosah dan Doa Bersama

- Advertisement -

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Serikat Muslim Indonesia (SARBUMUSI) merayakan malam puncak Hari Lahir (Harlah) yang Ke-66 tahun.  Kegiatan ini berlangsung di Gedung Graha Ahmad Dasuki, Sukabumi pada Minggu, (26/9).

Pada perayaan Harlah ini, Pengurus DPP Sarbumusi mengangkat tema, “Menegaskan Sarbumusi Sebagai Rumah Buruh Indonesia dan Penjaga Tradisi Aswaja Annahdiyah di Bidang Perburuhan”.

Disiarkan langsung dari di Gedung Graha Ahmad Dasuki, gebyar harlah Sarbumusi ke-66 dilaksanakan secara virtual melalui zoom meeting. Acara melibatkan semua pengurus pusat dan pengurus wilayah di seluruh Indonesia.

Presiden Konfederasi Sarbumusi, Saifu Bahri Anshori menyampaikan rasa syukurnya atas capaian organisasi buruh dibawah naungan NU ini sebagia organisasi terbesar keempat di Indonesia.

“Memasuki usia yang ke-66 tahun, Konfederasi Sarbumusi telah berhasil berevolusi menjadi salah satu konfederasi terbesar ke-4 di Indonesia. Jumlah anggota Sarbumusi saat ini mencapai 350.000 orang. Angka yang masih menyimpan harapan untuk mengembalikan kejayaan Sarbumusi di masa lalu dengan anggotanya mencapai 3 juta orang,” kata pria yang akrab dipanggil mas SBA ini.

Baca juga  Koruptor Indonesia Cerdas, Ini Kode-Kodenya Saat Beraksi

Sementara itu, Ketua PBNU, KH. Robikin Emhas melalui zoom mengaku merasa perlu mengenang kembali kiprah berdirinya Sarbumusi. Ia menjelaskan Sarbumusi didirikan tanggal 19 Shafar 1375 H atau bertepatan 27 September 1955.

“66 tahun yang lalu, serikat buruh muslim Indonesia didirikan di pabrik gula Tulangan Sidoarjo Jawa timur. Dimana tempat itulah yang menjadi cikal bakal atas kelahiran serikat buruh muslim Indonesia,” kata Eko. 

Baca juga  Sosialisasikan Aturan Ahmadiyah: Kemenag Kerahkan Penyuluh Agama Islam

Robikin menambahkan, berdirinya Sarbumusi adalah bagian dari pergerakan atas interaksi antara buruh dengan pengusaha, antara pekerja dengan pengusaha.

“Oleh karena itu dalam tahun-tahun itulah para pekerja kita yang tergabung dalam Sarikat Buruh Muslim Indonesia melakukan renungan atas hubungan industrial yang ada saat ini. Alhamdulillah para pendiri kita, telah berhasil melakukan konsolidasi atas keanggotaannya, dimana Sarikat Buruh Muslimin Indonesia adalah bagian dari Nahdlatul Ulama. Bagian perjuangan dari NU dimana buruh merupakan bagian terbesar dari kaum Nahdliyin,” jelasnya.

Baca juga  Tekad Wagub Jabar Bersama HPN dan FKDB Wujudkan Jabar Juara Kedaulatan Pangan

Ketua Panitia Harlah Konfederasi Sarbumusi ke-66 tahun, Wing wing Suhendra menjelaskan bahwa kegiatan Harlah kali ini dilakukan secara virtual mengingat wabah Covid-19 masih juga belum mereda.  

“Acara virtual dihadiri KH. Anas Syakirullah (Ketua PCNU Kota Sukabumi), KH. M. Anshori Fudholy (Ketua PCNU Kab. Sukabumi), H. Achmad Fahmi (Walikota Sukabumi), Caswiyono Rusdie CW (Stapsus Kemenaker), dan KH. Robikin Emhas (Ketua PBNU),” kata Suhendra.

Lebih lanjut, ia mengungkapkan rasa syukur atas terselenggaranya acara Harlah ini dengan baik.

“Alhamdulillah, kegiatan kami berjalan dengan baik, dengan semangat panitia pelaksana dan semua elemen anggota Sarbumusi, serta tak lupa ucapan rasa terima kasih yang tak terhingga kepada seluruh panitia yang telah berkontribusi dalam menyukseskan acara Harlah ini,” ungkapnya.

(RED/PR.ID)

- Advertisement -
- Advertisment -

Berita Utama

Rayakan Hari Santri Nasional, Kemenag Gelar Pameran Pesantren Vitual

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta- Kementerian Agama menggelar Pameran Pesantren Virtual (Pesantren Virtual Exhibition). Pameran ini dalam rangka Peringatan Hari...

Kunjungi PCNU Jakarta Pusat, Ini Pesan Kiai Said

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta- Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) KH Said Aqil Siroj berkunjung ke Sekretariat Pengurus...

Perkuat Konsolidasi Kinerja, Bidang Penataan Aparatur Organisasi PB PMII Gelar Orientasi

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta- Sebagai bagian terpenting dalam organisasi PMII, Bidang Penataan Aparatur Organisasi memiliki tugas dan tanggung jawab...

Baca Juga

JAPFA Gencarkan Pariwisata Danau Toba di Pameran Food & Hotel Indonesia 2019

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta – Meriahkan festival makanan minuman bertaraf internasional, JAPFA sebagai perusahaan penyedia protein hewani hadir di pameran Food & Hotel Indonesia (FHI) 2019...

Usai Musibah, Kota Palu Jadi Sasaran Revitalisasi Sentra IKM

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Direktorat Jenderal Industri Kecil, Menengah, dan Aneka (Ditjen IKMA) Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berupaya melakukan revitalisasi sentra industri kecil dan...

Kereta Api Pangandaran Diluncurkan untuk Mendukung Pariwisata

PILIHANRAKYAT.ID, BANJAR - Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum serta Direktur Utama KAI Edi Sukmoro meluncurkan PT KAI rute Kereta Pangandaran, relasi Banjar...

20 Besar Seyembara Buku Puisi HPI 2018

PILIHANRAKYAT.ID, Jakarta - Ketua Yayasan Hari Puisi (YHP) Maman S. Mahayana mewakili Dewan Juri yang lain hadir pada bincang-bincang Hari Puisi yakni Abdul Hadi...